1
dinora refiasari @dinore
@Agamajinasi gimana cara jadi pendeta/pastor? ada sekolah? pakai sertifikat? pendeta2 di indo terkesan well educated. Beda sama ustad
agama.jinasi @Agamajinasi
Sekilas kesannya memang gitu. Tapi kata ustad sendiri memang gak ada syarat apa2. Tukang wc di arab pun bisa dipanggil ustad. @dinore
agama.jinasi @Agamajinasi
Pendeta2 indo banyak jg kok yg gak well educated. Biasanya ada di gereja2 tertentu ;-) @dinore
agama.jinasi @Agamajinasi
Pernah denger pdt. Pariadji kotbah? Selalu gak jelas, muter2. Orang biasanya dateng itu cuma karena mau minyak urapan.
agama.jinasi @Agamajinasi
Yang gak kalah sablengnya itu Pdt. Ir. Niko (entah kenapa selalu ada ir. di situ). Kotbah diseling2i sama nyanyi. Kaya film india.
agama.jinasi @Agamajinasi
Yang paling males itu kalo pdt yg suka pindah2 topik kotbah dgn alasan "dorongan roh kudus." Masbro, elo emang gak bisa kotbah.
agama.jinasi @Agamajinasi
"Sebenarnya saya udah siapin kotbah saya, tapi roh kudus mendorong saya untuk kotbah yang lain." Yaelah bro, roh kudus kok last minute?
agama.jinasi @Agamajinasi
Pernah denger pdt Tony Daud -yg katanya mantan dukun- kotbah? Udah kaya jual obat. Ceritanya loncat2 timeline-nya, topiknya melebar kemana2.
agama.jinasi @Agamajinasi
Dulu pernah diajak ikut KKR denger kotbah si mantan dukun itu. Salah gue, akhirnya jd buang waktu. Liat di youtube kotbah2nya jg sama aja.
dinora refiasari @dinore
@Agamajinasi hasil nyusup di gpib dan gkj, seaneh2-nya pendeta, sy blom nemu pendeta yg sesat2in pihak lain. kalo ustad mah tiap soljum
agama.jinasi @Agamajinasi
Oh iya. Saya denger makin ke sini makin banyak soljum yang nyebut2 jjokowi, ahok, amriki, israel. Mesjid2 udah jd underbow partai. @dinore
agama.jinasi @Agamajinasi
Agama itu gak bisa pisah dari kekuasaan. Kristen yang minoritas mungkin aneh liat fenomena seperti itu di mesjid2 di Indonesia.
agama.jinasi @Agamajinasi
Sebenarnya sama kayak di amriki. Saya sempet hadirin gereja di salah satu kota di amriki th 2008, kotbah anti obama jg gak kalah banyak.
Tatok @Muristianto
@Agamajinasi jin, nanya, nurut kamu, konsep pemerintah tanpa agama yang diterapkan di amerika bisa nggak dicoba di indonesia ?
agama.jinasi @Agamajinasi
Kalo agama masuk arena politik, harusnya dipajakin. Dan umat sayangnya masih manut2 aja kalo dicekokin propaganda2 politik di tempat ibadah.
agama.jinasi @Agamajinasi
Kalo perlu walk-out pas pendeta/ulamanya kotbah. Pernah terjadi. Biar mereka ngeh kalo gak semua jemaat mereka itu satu partai sama mereka.
Harith Jobs @harith095
Pernah skali pas solat id, haha RT @Agamajinasi Kalo perlu walk-out pas pendeta/ulamanya kotbah. Pernah terjadi.
Drafter ya, Driver ya @alwi_ML
@Agamajinasi terakhir gw soljum bln 12 tahun 2013 di penjaringan, pluit. Yg khotbah nyuruh jamaahnya buat memerangi syiah.
agama.jinasi @Agamajinasi
Situ berasa domba? "@LoyangKueCubit: @agamajinasi berhentilah mengadu domba bro? Mau sampe kapan memecah belah bangsa sendiri?"
agama.jinasi @Agamajinasi
Orang lagi cerita gimana agama dipake buat tujuan politik, malah dibilang adu domba.
agama.jinasi @Agamajinasi
Noh yg pake mic di tempat ibadah provokasiin orang buat anti capres tertentu pdhl agamanya sama, datengin noh. Tolol.
agama.jinasi @Agamajinasi
Gue cuma nyampain sikon di luar sana. Gak nyuruh elo berhenti ibadah. Kagak. Apalagi jadi ateis.
agama.jinasi @Agamajinasi
Tapi kalo sikonnya aja udah elo sangkal, ya percuma ngobrol. Pdhl harusnya elo sbg yg beragama malu gimana ateis2 bisa tau sikon begitu.
agama.jinasi @Agamajinasi
Kalo gue jd umat beragama, gue bakal teriak keras kalo ada propaganda2 politik anti capres tertentu bawa2 agama.
agama.jinasi @Agamajinasi
Bukannya itu menghina agama elo, simbol2 agama elo dijadiin komoditas politik utk jelek2in orang/grup lain? Kenapa elo biarin?
Load Remaining (116)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.