Chirpstory will close the service later this year. At the end of September, you will not be able to post stories or comments.

Tips Menulis Fabel bareng @Diankrist & Penerbit Kiddo

Chirpified
0
Dian Kristiani @diankrist

Hari Jumat ini (28 Feb) ada kultwit bareng saya dan @penerbitkiddo tentang menulis kumpulan fabel ya ^^

26/02/2014 08:25:15 WIB
Dian Kristiani @diankrist

Dongeng binatang, hmm. Beberapa kali, saya mendapat kesempatan menulis dongeng binatang untuk beberapa penerbit. Termasuk @penerbitkiddo

28/02/2014 08:18:44 WIB
Dian Kristiani @diankrist

Yang paling mutakhir tentu #Belajar Menulis Hijaiyah dengan 28 Dongeng Binatang terbitan @penerbitkiddo. Saya tulis bersama Kak Tethy.

28/02/2014 08:19:21 WIB
Dian Kristiani @diankrist

Konon, dongeng binatang adl dongeng yg paling diminati anak2 balita. Baru kemudian diikuti oleh dongeng princess & hantu *survey ndiri haha*

28/02/2014 08:21:47 WIB
Dian Kristiani @diankrist

Mengapa? Hm, siapa sih yang nggak suka binatang? Kucing, anjing, burung, anak2 pada dasarnya suka pada hewan. @penerbitkiddo @tethyezokanzo

28/02/2014 08:23:22 WIB
Dian Kristiani @diankrist

Mereka bahkan nggak takut ama ular. Jadi, begitu ada dongeng binatang dengan gambar-gambar cantik, mereka pun gembira. @penerbitkiddo

28/02/2014 08:24:54 WIB
Dian Kristiani @diankrist

Lalu, gimana menulis dongeng binatang yang asyik? Sy sering dicurhati teman. Dongeng binatangnya ditolak melulu oleh penerbit @penerbitkiddo

28/02/2014 08:26:06 WIB
Dian Kristiani @diankrist

Mengapa ya? Apa karena dongeng binatang udah terlalu mainstream? *halah* @penerbitkiddo

28/02/2014 08:26:33 WIB
Dian Kristiani @diankrist

Mungkin ada sesuatu yang salah. Ingat, salah bukan berarti jelek lho ya. Mungkin tokoh/karakternya membosankan? @penerbitkiddo

28/02/2014 08:27:47 WIB
Dian Kristiani @diankrist

Atau konfliknya gitu-gitu aja? Yuk ditelusuri :) @penerbitkiddo

28/02/2014 08:29:12 WIB
Dian Kristiani @diankrist

Apa bedanya dongeng binatang dng dongeng-dongeng lainnya? Tinggal ngganti tokohnya dengan binatang. Selesai. Benar begitu? @penerbitkiddo

28/02/2014 08:29:59 WIB
Dian Kristiani @diankrist

Dongeng binatang jg bisa dibuat spt cerita realis. Tokohnya bisa sekolah, cuci baju,dll. Betul? Iya sih. Namanya jg dongeng. @penerbitkiddo

28/02/2014 08:31:26 WIB
Dian Kristiani @diankrist

Apapun bisa kita tuliskan. Tak ada yg menyalahkanmu. Apalagi kalau pake prinsip antropomorfisme. Donal aja bisa nyetir, kan? @penerbitkiddo

28/02/2014 08:32:19 WIB
Dian Kristiani @diankrist

Nah, sepertinya mudah kan menulis dongeng binatang? Tapi kenapa kok naskahnya ditolak melulu? @penerbitkiddo

28/02/2014 08:33:00 WIB
Dian Kristiani @diankrist

Padahal konon naskahnya sarat dng pesan moral dan kebajikan. Kok ditolak sih? Ini kan demi masa depan anak cucu kita. Halah! @penerbitkiddo

28/02/2014 08:33:42 WIB
Dian Kristiani @diankrist

Aku punya tips menulis dongeng binatang. Sebenarnya tips ini berlaku untuk semua dongeng sih. Apa tipsnya? *sok rahasia* @penerbitkiddo

28/02/2014 08:34:55 WIB
Dian Kristiani @diankrist

Cobalah memandang suatu masalah dari sisi yang lain. Misalnya, kamu melihat ada kucing ngejar tikus. Apa yg kamu pikirkan? @penerbitkiddo

28/02/2014 08:35:58 WIB
Dian Kristiani @diankrist

Pikiran yang biasa terlintas adalah: Kucing kan memang memangsa tikus. Apa anehnya? Nah, cobalah berpikir dari sisi yg lain. @penerbitkiddo

28/02/2014 08:36:32 WIB
Dian Kristiani @diankrist

Coba bayangkan bahwa si kucing ngejar tikus bukan karena ingin memangsanya. @penerbitkiddo

28/02/2014 08:37:26 WIB
Dian Kristiani @diankrist

Mungkin karena si tikus mencuri keju majikan kucing? Ah, Tom Jerry banget ya. Ayo pikirkan kemungkinan lainnya @penerbitkiddo

28/02/2014 08:37:57 WIB
Dian Kristiani @diankrist

Gimana kalo si kucing sdg berusaha memecahkan misteri & menurutnya kunci misteri itu tergambar pada ....@penerbitkiddo@

28/02/2014 08:39:57 WIB
Dian Kristiani @diankrist

... pada tanda lahir yang dipunyai si tikus? Ketika kucing mendatangi tikus, si tikus malah belingsatan. Kabur deh @penerbitkiddo

28/02/2014 08:41:17 WIB
Dian Kristiani @diankrist

Haha, itu ide asal-asalan yang kubuat nggak sampai satu menit. Jika dipoles dengan serius, bisa jadi cerita yang menarik. @penerbitkiddo

28/02/2014 08:42:57 WIB
Dian Kristiani @diankrist

Jng membuat alur cerita yg biasa2 aja. Meski sebagian besar dongeng punya pola yang sama, tapi buatlah alur cerita yg asyik @penerbitkiddo

28/02/2014 08:44:28 WIB
Dian Kristiani @diankrist

Berikan konflik yang nggak umum, meski tema yang kamu pakai udah jadul. Misalnya tema memaafkan. Berapa ribu buku yang memiliki tema tsb?

28/02/2014 08:45:48 WIB
Load Remaining (36)

Comment

No comments yet. Write yours!