Tornado

Chirpified
0
Anemos @anemoscom

Tahukah kamu? Kecepatan angin sebuah tornado bisa melebihi kecepatan angin sebuah sistem siklon tropis?

08/10/2013 07:41:22 WIB
Anemos @anemoscom

Tahukah kamu? Biasanya setelah sebuah tornado berlalu sering ditemukan pisau atau garpu yang menancap pada batang-batang pohon! :O

08/10/2013 07:58:47 WIB
Anemos @anemoscom

“To really ask is to open the door to the whirlwind. The answer may annihilate the question and the questioner.” - Anne Rice #weatherquote

08/10/2013 08:07:44 WIB
Anemos @anemoscom

eh dari tadi mimin ngetweet soal tornado terus ya? ada apa yah? :p

08/10/2013 08:08:22 WIB
Anemos @anemoscom

wow ada tornado barengan sama pelangi lho! http://t.co/GamhRBDRk0

08/10/2013 08:16:11 WIB
Expand pic
Anemos @anemoscom

Seeeelamat malam tweeps! :D Setelah beraktivitas seharian, mimin mau ngajak kalian jalan-jalan nih, ke tengah-tengah tornado! :D

08/10/2013 19:56:32 WIB
Anemos @anemoscom

Tenang aja, jalan-jalannya masih di jagad internet kok, jadi masih bisa sambil istirahat dan makan malem hehe :p

08/10/2013 19:59:30 WIB
Anemos @anemoscom

"A tornado is a VIOLENTLY ROTATING column of air that is in contact with BOTH the surface of the earth and a cumulonimbus cloud" (om wiki)

08/10/2013 20:27:04 WIB
Anemos @anemoscom

Eh, ada yang masih inget film ini ga? Ini juga tentang tornado lho! :p http://t.co/dDVXoLmKtb

08/10/2013 12:41:22 WIB
Anemos @anemoscom

Sebenarnya itu cukup rumit, tapi mimin mau coba menjelaskan "kelahiran" tornado yang berawal dari permukaan menuju dasar awan

08/10/2013 20:46:16 WIB
Anemos @anemoscom

Jadi, ga cuma harus kenceng dan muter, kolom udara ini harus nyambung dari dasar awan sampai permukaan tanah agar bisa disebut tornado

08/10/2013 20:28:26 WIB
Anemos @anemoscom

Terus, pada penasaran ga tornado bisa munculnya kenapa? :p

08/10/2013 20:40:08 WIB
Anemos @anemoscom

Awalnya, angin yang muter-muter ini tuh muternya cuma bolak-balik atas bawah, naik-turun aja

08/10/2013 20:50:24 WIB
Anemos @anemoscom

Siklus naik turun ini terjadi karena sejumlah besar massa udara (front) panas dengan dingin bertemu dan atmosfernya lagi ga stabil

08/10/2013 20:51:08 WIB
Anemos @anemoscom

Karena massa udara yang bertemu ini besar, gerakan melingkar naik-turun ini membentuk semacam "terowongan" di permukaan bumi

08/10/2013 20:52:06 WIB
Anemos @anemoscom

Ketika ada updraft yang kuat, terowongan ini lama-lama diangkat hingga salah satu ujungnya menyambung ke dasar awan (biasanya cumulonimbus)

08/10/2013 20:53:47 WIB
Anemos @anemoscom

Nah karena diangkat tadi, "terowongan" ini jadinya "menyambung" permukaan tanah dan dasar awan, saat itu lah kolom udara tsb disebut tornado

08/10/2013 20:55:41 WIB
Anemos @anemoscom

Kalo belum kebayang, kurang lebih gambarnya seperti ini :) http://t.co/7K9DeElj7B

08/10/2013 20:57:35 WIB
Expand pic
Anemos @anemoscom

@dewanidewani oiya mimin lupa jelasin hehe. updraft itu salah satu gerakan vertikal udara temennya downdraft

08/10/2013 21:06:29 WIB
Anemos @anemoscom

@dewanidewani kalo updraft ke atas, downdraft ke bawah :)

08/10/2013 21:06:52 WIB
Anemos @anemoscom

Oiya, tornado ada skalanya juga lho! Skala ini dibuat berdasarkan kerusakan yang ditimbulkan.

08/10/2013 21:01:29 WIB
Anemos @anemoscom

Namanya adalah skala Fujita, dari 0 sampai 5. Jadi ada F0, F1, F2, dan seterusnya sampai F5

08/10/2013 21:03:46 WIB
Anemos @anemoscom

Tornado juga banyak variannya lho! Tergantung dia gabungnya sama apa

08/10/2013 21:10:15 WIB
Anemos @anemoscom

Ketika tornado ini bersentuhan dengan permukaan air, dia menjadi waterspout http://t.co/TBXI4lfg2j

08/10/2013 21:14:18 WIB
Expand pic
Anemos @anemoscom

Kalo ketemu hamparan pasir, dia jadi dust devil http://t.co/9EkZXRHYb8

08/10/2013 21:16:50 WIB
Expand pic
Load Remaining (3)

Comment

No comments yet. Write yours!