0
agama.jinasi @Agamajinasi
Yang ngerayain valentine di kota2 besar spt Jakarta, tapi kenanya sekitar kediri, solo, dll. Your god missed by hundreds of kilometers :)))
agama.jinasi @Agamajinasi
Ngapain nyembah tuhan yang ngebidik target hukuman aja bisa jauh meleset? Mending patungan aja beli kacamata buat tuhan :)
PENYEMBAH API @RifatYurham
@Agamajinasi jadi inget tsunami aceh, setelah hari besar umat kristen. apakah dulu si muslim juga mengait ngaitkan dengan hari natal?
🇮🇩🇦🇺ヨロロ/Rahmat✈️25a! @followIndoPr0
@Agamajinasi banyak umat islam tanpa sadar mengikuti ajaran "Cocoklogi". Jadi orang yang cerdas, percaya tuhan ataupun enggak.
agama.jinasi @Agamajinasi
Itu kebalik. Di gereja2 saat itu banyak pendeta kotbah soal tsunami sbg hukuman tuhan kristen utk umat muslim. @RifatYurham
agama.jinasi @Agamajinasi
Hence: cocoklogi juga. Umat islam jg bilang tsunami itu hukumat buat maksiat di indonesia. Tapi kenanya ke serambi mekah :))) @RifatYurham
agama.jinasi @Agamajinasi
Yah kalo mau cerdas kudu paham bahwa cocoklogi itu ajaran agama. Bertebaran di cerita2 di kitab2 suci. @followIndoPr0
🇮🇩🇦🇺ヨロロ/Rahmat✈️25a! @followIndoPr0
@Agamajinasi kalo di kitab suci, seingat saya bencananya pinpoint ke 'umat-umat' yang salah, kalau sekarang mah mau cocoklogi ngaco
agama.jinasi @Agamajinasi
Azhab buat bani israel, mesir, sodom, gomora, itu semua ajaran dari mana? :) jadi jangan salahkan umat kalo polanya masih sama.
agama.jinasi @Agamajinasi
Ini kita bicara kitab suci taurat, alkitab, dan, alquran. Kitab2 suci yang ditulis di jaman 1400, 2000, 2500 tahun yang lalu.
agama.jinasi @Agamajinasi
Di jaman di mana penyakit kusta dianggap kutukan, perempuan tdk bisa hamil dianggap tidak berkah, reaksi kimia dianggap sihir.
agama.jinasi @Agamajinasi
Or nonexistent :) "@Alone_Brave: @Agamajinasi that kind of god must both stupid and ignorant."
agama.jinasi @Agamajinasi
Allah bisa karena biasa ya? :) "@Maschandra: @Agamajinasi mungkin masih dalam tahap belajar ngasih bencana, jadi masih salah-salah.."
Mella Hartono @mellalilulelo
@Agamajinasi @RifatYurham ada yang bilang juga,tsunami itu terjadi karena,waktu hari natal,umat kristen gak boleh ngrayain natal di aceh
agama.jinasi @Agamajinasi
Iya, dulu pernah gue kasih linknya kl gak salah. Aceh dihukum yesus karena larang orang kristen aceh natalan :) @mellalilulelo @RifatYurham
agama.jinasi @Agamajinasi
Ya itu lewat tsunami di aceh. "@MuhammadFhrizal: @Agamajinasi gimana ngehukumnya min :("
agama.jinasi @Agamajinasi
Gak juga sih. Bangsa dan kerajaan musnah itu bisa dijelasin, gak ada hubungannya sama divine atau deities. @followIndoPr0
agama.jinasi @Agamajinasi
Di sosiologi bahkan di bidang medis hal2 tsb dinamain magico-religious belief. Belief ini bukan monopoli agama2 samawi.
agama.jinasi @Agamajinasi
Magico-religious belief (MRB) ini simply karena jaman dulu orang2 clueless dan desperate. Gak tau apa dan kenapa suatu hal bisa terjadi.
agama.jinasi @Agamajinasi
Akhirnya berusaha menghubung2i. Alias cocoklogi. 2 hal yang mungkin sama faktualnya dipaksa spy berkorelasi, walaupun gak ada korelasinya.
agama.jinasi @Agamajinasi
MRB mencocok2i kenapa ada banjir, kenapa orang sakit, kenapa orang kaya, kenapa ada gempa, kenapa ada gerhana, kenapa ada komet, dll.
agama.jinasi @Agamajinasi
MRB intinya mencoba kasih jawaban, bahwa ada divine intervention (ilahi) dalam segala sesuatu urusan manusia.
agama.jinasi @Agamajinasi
MRB itu mulai dari budaya india kuno di amerika sampe di asia, sampe budaya semitik, hindu dan kejawen di asia timur (jauh).
agama.jinasi @Agamajinasi
Wah kalo semua budaya percaya MRB, berarti bisa jadi semuanya bener dong? | Atau bisa jadi semuanya salah :)
Load Remaining (39)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.