0
Bentang Pustaka @bentangpustaka
Halo tuips! Kembali lagi admin akan menemani km sampai malam dengan kuis #UltahBentang dan #twitKomik! :)
Bentang Pustaka @bentangpustaka
Malam ini di #twitkomik kita akan cari tahu sejarah komik :D Ada yg pernah tau? :)
Bentang Pustaka @bentangpustaka
Tapi sebelum tahu sejarahnya, yuk kita cari tahu apa pengertian komik itu sebenarnya! #twitkomik
Bentang Pustaka @bentangpustaka
Komik sama seperti kata comic dalam bahasa Inggris yang berarti segala sesuatu yang lucu serta bersifat menghibur #twitkomik
Bentang Pustaka @bentangpustaka
Yunani: cerita bergambar berbentuk dua dimensi yg bercerita bermacam2 bahkan dianggap mustahil terjadi dlm kehidupan sehari-hari. #twitkomik
Bentang Pustaka @bentangpustaka
Jadi, ada dua kata kunci untuk pengertian komik: cerita dan gambar #twitkomik
Bentang Pustaka @bentangpustaka
Dalam padanan yg mendasar (Indonesia) komik disamakan dengan cergam (cerita bergambar) #twitkomik
Bentang Pustaka @bentangpustaka
Pernah dengar "manga" kan? Nah, itu sebutan populer komik dari Jepang #twitkomik
Bentang Pustaka @bentangpustaka
Sesuai dengan perkembangannya, apa aja sih tema dalam komik? #twitkomik
Bentang Pustaka @bentangpustaka
Yap, tema komik ada yg superhero, olahraga, masa depan, dan banyak juga yg menyindir politik. Wah banyak ya! #twitkomik
Bentang Pustaka @bentangpustaka
Nah, tadi ada yg tanya tuips, apa bedanya anime dan manga, ada yg bisa jawab? #twitkomik
Bentang Pustaka @bentangpustaka
Nah, bener banget! Kalau masih bentuk komik itu manga, kalau sudah difilmkan jadi anime #twitkomik
Bentang Pustaka @bentangpustaka
Kebanyakan anime memang adaptasi dari manga, ada yg bisa beri contoh? #twitkomik
Bentang Pustaka @bentangpustaka
Yaps, sekarang udah tahu kan apa itu komik, bedanya anime dan manga ^^ #twitkomik
Bentang Pustaka @bentangpustaka
Yuk, balik lagi ke #twitkomik, tuips. Sekarang admin kenalkan Bapak Komik Amerika, Will Eisner.
Bentang Pustaka @bentangpustaka
Menurut Eisner, komik merupakan tatanan gambar dan kumpulan kata yang berurutan. #twitkomik
Bentang Pustaka @bentangpustaka
Dlm bukunya, Eisner menyebut eknis dan struktur komik sbg ssunan gambar dan kata2 untuk menceritakan atau mendramatisasi ide #twitkomik
Bentang Pustaka @bentangpustaka
Kalau Bapak Komik Indonesia, ada yg tahu nggak? :) #twitkomik
Bentang Pustaka @bentangpustaka
Yups, R.A. Kosasih adalah Bapak Komik Indonesia. Nih, foto Beliau :) #twitkomik http://t.co/s7zWihtGJj
 Expand pic
Bentang Pustaka @bentangpustaka
Pak Kosasih ini mjd Bapak Komik Indonesia krna ciri khasnya yg mampu menyederhakan cerita rumit jd mudah dicerna #twitkomik
Bentang Pustaka @bentangpustaka
Menurut R.A. Kosasih, komik adalah media atau alat untuk bercerita. #twitkomik
Bentang Pustaka @bentangpustaka
Coba tuips, gambar2 berurutan di zaman manusia gua kan udah ada ya? bisa jadi cikal bakal komik itu #twitkomik
Bentang Pustaka @bentangpustaka
Nah, kalau komik adalah rangkaian gambar yg urut, jd komik bagian dr budaya manusia sejak jaman dahulu dong? Yap! #twitkomik
Bentang Pustaka @bentangpustaka
Contohnya lukisan di gua Lascaux yg sudah ada sejak 17.000 tahun yg lalu! Wah! :) #twitkomik
Load Remaining (11)
Login and hide ads.