0
Erykar @erikarlebang
Kemarin ngegym, bersantai di lounge, duduk sebelahan dengan satu Personal Trainer (kayaknya) junior serta seorang bapak-bapak agak ndut
Erykar @erikarlebang
Musik lounge yang biasa jedang-jedung kali ini musiknya soft, jadi pembicaraan antara PT dan kliennya itu terdengar cukup jelas. Ampun deh
Erykar @erikarlebang
Saya sudah 2 dekade ada di dunia gym ini. Segala macam dinamikanya sudah saya alami. Ilmu gizi ngaco memang banyak dimulai dari gym, aslik!
Erykar @erikarlebang
Materi pembicaraan PT dan kliennya ini pas jadi contoh itu. "Pak, makan protein hewani banyakin aja, karbohidrat dikurangin, nasi, mie dll"
Erykar @erikarlebang
"Makan protein hewani itu bikin stamina kita jadi kuat dan otot terbentuknya gampang. Karbohidrat kebanyakan gak jadi apa-apa, lemak doang"
Erykar @erikarlebang
"Kalau malem gak usah makan, minum aja protein shake, langsung tidur. Berat cepet turun dan ototnya jadi besar deh". Hadeuh ampun kaka'..
Erykar @erikarlebang
PT-PT ini sering banget ngaku jadi ahli gizi cuma bermodal sedikit pengetahuan tentang pola hidup yang sebenarnya ditujukan bagi binaragawan
Erykar @erikarlebang
Gak aneh kalau mereka enteng aja menejejali kliennya dengan protein hewani dengan logika "protein membentuk otot!" Efek samping? Emang ada?
Erykar @erikarlebang
Dulu pernah ada PT yang kenal saya dari gurunya bertanya, "Makan protein memang efek negatifnya apa? Kan gak jadi lemak?" #eaaa
Erykar @erikarlebang
Mungkin PT muda ini harus belajar lebih jauh tentang kaitan ilmu gizi dan fisiologi manusia. Bukan cuma sekedar 'asumsi menjejalkan protein'
Erykar @erikarlebang
Kalau mereka baca buku kesehatan praktis terkait ilmu naturopati semisal yang sekarang banyak beredar, pasti menyesal mendoktrin salah
Erykar @erikarlebang
Terkait masalah stamina semisal, PT yang pembicaraannya saya dengar di awal, pasti malu kalau tahu sejatinya protein hewani itu sulit cerna
Erykar @erikarlebang
Protein hewani harus dipecah tubuh dalam bentuk asam amino essensial agar sesuai kebutuhan. Proses pemecahannya amat rumit dan memberatkan
Erykar @erikarlebang
Asam amino tadi harus dirangkai ulang, mirip mainan rakitan, baru bisa berguna. Karena rumit, proses perangkaian ini rentan sekali cacat
Erykar @erikarlebang
Bahan baku cacat ini bila dipergunakan untuk membangun sel, berpotensi menghasilkan sel yang juga cacat tidak sempurna. Dipenuhi 'sampah'
Erykar @erikarlebang
Dari fakta ini aja udah ketauan omongan si PT muda tadi tulalit. Gimana mau berstamina, kalau sistem cernanya kelelahan memproses protein?
Erykar @erikarlebang
Tubuh bisa jadi berotot, tapi kalau basisnya adalah sel-sel cacat? Sama aja handphone yang casingnya keren tapi tiap 5 menit hang melulu
Erykar @erikarlebang
Fenomena menarik terkait stamina bisa dikutip dari catatan riset Dr. Von Berg tentang penarik rickshaw di Jepang puluhan tahun yang lalu
Erykar @erikarlebang
Dia bepergian naik kereta kuda ke satu daerah berjarak 100 km. Waktu tempuh 14 jam dan harus berganti kuda 6 kali. Lama? Normal saat itu
Erykar @erikarlebang
Yang mengejutkan dia, temannya yang berangkat tidak lama berbeda. Sampai hanya berjarak 30 menit. Dan naik rickshaw, kereta ditarik manusia!
Erykar @erikarlebang
Mengejutkan Dr. Van Berg, karena penarik rickshawnya masih orang yang sama dengan yang berangkat berbarengan dia dulu! Kuda aja ganti!
Erykar @erikarlebang
Semenjak saat itu Dr. Van Berg terobsesi meneliti stamina luar biasa para penarik rickshaw. Memang mengagumkan sekali! Ia teliti makanannya
Erykar @erikarlebang
Ternyata para penarik rickshaw punya menu khas, nasi, barley (jewawut), ubi millet (jelai), dan umbi bakung. Dia terkejut, tanpa hewani?
Erykar @erikarlebang
Logika gizi Dr. Van Berg masih terikat pada pola pikir masa lalu (masa itu tentu), "tanpa daging saja kuat begini, bagaimana kalau diberi?"
Erykar @erikarlebang
Ia lalu meriset dengan mengambil dua penarik rickshaw berkekuatan sama. Satu diberi menu harian biasa. Satu lagi diubah menjadi penuh daging
Load Remaining (15)

Comment

Winda Avianti @winda_avianti 03/02/2014 13:51:23 WIB
Luar biasa mengagumkan goo.gl/ZWBxSq
Login and hide ads.