0
Emil @ecwx48
hmmm dulu gw pernah di-bash orang karena pendapat ini. soalnya mindset orang indo masih gitu :D tapi whatever lah :D
Emil @ecwx48
terus terang ni ya,menurut pengamatan dan pengalaman gw.terutama sekarang2 ini, kuliah belum tentu bikin kita lebih unggul dari yg ga kuliah
Emil @ecwx48
banyak orang indo masih terpaku dengan jenjang pendidikan formal bahwa harus jadi sarjana. menurut pengamatan gw pola pikir itu kurang tepat
Emil @ecwx48
gw s1 lulusan ITB, salah satu PTN paling bergengsi di indonesia, temen sma gw lulus sma ambil kursus terus langsung kerja...
Emil @ecwx48
pada saat gw baru lulus dari ITB, temen gw itu baru beli rumah di bintaro... gw baru bertahun2 kemudian bisa nyicil rumah
Emil @ecwx48
dan masih banyak lagi lulusan S1 yg nasibnya lebih malang dari gw sebetulnya
Emil @ecwx48
kenapa menurut gw pola pikirnya salah, karena banyakorang tua pengen anaknya sarjana hanya demi jadi sarjana...
Emil @ecwx48
kita belajar, menempa diri, sebetulnya utk nyiapin perbekalan buat kita ngejar cita2 n harapan kita toh?
Emil @ecwx48
tapi banyak yg keukeuh harus sarjana, tapi ga memperhatikan hasilnya akan mendukung cita2nya atau ga... IMHO
Emil @ecwx48
terus yg jalanin sekolahnya juga jalanin sekolahnya demi lulus, bukan dengan mindset mempersiapkan diri utk berkarya :)
Emil @ecwx48
kenapa gw berani bilang gitu? karena gw pengalaman menginterview lebih dari seratus pencari kerja :)
Emil @ecwx48
banyak yg sarjana IT tapi ga menguasai bidangnya.... beneran.. sementara kadang yg ga lulus S1 malah lebih menguasai :)
Emil @ecwx48
terutama dunia IT ya... kompetensi lebih mudah didapat di luar bangku kuliah daripada di dalam. percaya deh :)
Emil @ecwx48
ga nyalahin yg kuliah sih, tapi kalo jalanin kuliah n ga berusaha membangun kompetensi, hanya ikutin alur kuliah. buang waktu
Emil @ecwx48
alur berpikirnya orang indo : sekolah -> kuliah -> kerja di perusahaan besar.
Emil @ecwx48
jaman sekarang indonesia butuh lebih banyak orang yg mampu berbisnis daripada yg ingin jadi karyawan. IMHO sih
Emil @ecwx48
nih ya pengalaman gw ngerekrut engineer. setiap tahun ada ribuan, mungkin puluhan ribu lulusan jurusan IT...
Emil @ecwx48
setiap gw buka lowongan ada ratusan lamaran masuk... gw hanya manggil yg cv-nya menarik perhatian gw
Emil @ecwx48
setelah gw interview, sekitar 80% ga gw panggil lagi karena mereka ga menguasai ilmu yg katanya dipelajari di kuliah
Emil @ecwx48
CV yg menarik... gw lebih tertarik dengan pencari kerja yg bisa mendefinisikan kompetensinya secara fokus darpada ngaku bisa semua
Emil @ecwx48
soalnya pengalaman gw, yg ngaku bisa semua pada kenyataannya cuman tahu banyak hal tapi ga menguasai satupun
Emil @ecwx48
gw panggil interview dan tes. sering udah gw state di lowongan harus bisa A, B,C. pas gw intervew ternyata cuma pernah belajar :D
Emil @ecwx48
nah ini maksud gw :D gw lebih tertarik sama yg ga S1 tapi bener2 bisa skill yg gw butuhkan drpd S1 yg hanya pernah diajarin itu di kuliah :D
Emil @ecwx48
manggil programmmer C/PHP. A: "bisa PHP atau C?" B: "pernah belajar di kuliah" A: "ok, nanti kita hubungi lagi ya :)" *coret* :D
Emil @ecwx48
definisikan apa yg kita inginkan di hidup kita, pupuk dan kuatkan ilmu yg mendukung itu :)
Load Remaining (22)

Comment

Login and hide ads.