0
#VOCnomics πŸ’«πŸ’« @IndraJPiliang
Iklan politik beda dg iklan produk. Jgn samakan lagi voters 2009 dg voters 2014. Voters sdh belajar 5 thn ini. Ntar abisin duit aja.
#VOCnomics πŸ’«πŸ’« @IndraJPiliang
Inti iklan itu kan pesan. Kalau iklan politik hanya nyanyi2 atau testimoni dari org2 anonim, tdk kenak. Iklan Aher kenak itu gegara Sule.
#VOCnomics πŸ’«πŸ’« @IndraJPiliang
Iklan2 politik skrg seolah membawa kita ke kehidupan yg nisbi. Masyarakat justru menjauh, tdk byk terpengaruh. Ini hsl survei, lho.
#VOCnomics πŸ’«πŸ’« @IndraJPiliang
Skrg Bawaslu dan KPI lagi galak2nya anulir dan kasusin iklan2 partai. Cilakanya, profesional pembuat iklan nanya nggak ke org partai?
#VOCnomics πŸ’«πŸ’« @IndraJPiliang
Yg urus placement iklan di media siapa? Org2 partai? Sdh dikasusin baru org partai dan nama partai diseret. Siapa untung, siapa buntung.
#VOCnomics πŸ’«πŸ’« @IndraJPiliang
Gak konsultan politik, gak konsultan iklan, sama2 gak mikir dampak kerja mrk ke partai. Apa baca seluruh aturan main pemilu?
#VOCnomics πŸ’«πŸ’« @IndraJPiliang
Itu ketum2 partai yg pakai dana negara utk iklan -- walau atas nama kementerian -- bgmn etika dan nalarnya? Kpn mrk non aktif atau cuti?
#VOCnomics πŸ’«πŸ’« @IndraJPiliang
Emang gak ada sih istilah "menteri2 cuti kampanye". Hanya ada utk kepala2 daerah. Ini jg penting diperhatiken.
#VOCnomics πŸ’«πŸ’« @IndraJPiliang
Ada berita, caleg partai mukulin petugas2 bawaslu yg nurunin balihonya. Coba dimengerti, caleg bikin baliho itu aja sdh susah nyari duit.
#VOCnomics πŸ’«πŸ’« @IndraJPiliang
2009, Ada caleg yg hanya punya satu baliho. Sekali 3 hari dia geser lokasinya, dia tungguin malam2. Kayunya diambil dari sungai yg banjir
#VOCnomics πŸ’«πŸ’« @IndraJPiliang
Kebetulan, sy sering lihat org itu. Pas sy tanya, apa kerja caleg itu: jualan ikan di pasar.
#VOCnomics πŸ’«πŸ’« @IndraJPiliang
Relawan sy -- sopir truk pasir -- sering cerita soal caleg itu. Caleg itu suka ngutang, biar bisa jualan ikan di pasar, lalu promosi.
#VOCnomics πŸ’«πŸ’« @IndraJPiliang
Yg namanya caleg, ibu2 yg beli ikannya minta nambah. Ya, dia tambahlah ikannya. Sdh bisa dipastikan, tiap jualan ikan, tiap rugi.
#VOCnomics πŸ’«πŸ’« @IndraJPiliang
Sang caleg ini paling seneng kalau sungai banjir. Knp? Ada pasir yg dibawa dari hulu. Dia keluarinlah pasir itu, dia jual ke relawan sy.
#VOCnomics πŸ’«πŸ’« @IndraJPiliang
Sy akhirnya bantu sang caleg itu bikinin kartu nama. Sy kasih juga duit. Sy anter, pas lihat dia jagain balihonya malam2. Hujan2.
#VOCnomics πŸ’«πŸ’« @IndraJPiliang
O, ya, partainya beda dg saya. Sy bantu caleg itu dg satu alasan: dia begitu tekun dg statusnya sbg caleg. Dia kerja bener, walau miskin.
#VOCnomics πŸ’«πŸ’« @IndraJPiliang
Org2 mungkin mencibir: "Lu miskin2 jd caleg. Lu kerja jualan ikan aja jd caleg." Sy mikir: apa tdk boleh org miskin masuk DPRD?
#VOCnomics πŸ’«πŸ’« @IndraJPiliang
Sy akhirnya hubungi tmn partai sang caleg itu di Jkt, agar dia dibantu: "Lu punya kader militan, caleg, penjual ikan. Lu bantu dia."
#VOCnomics πŸ’«πŸ’« @IndraJPiliang
Nah, tmn sy ini akhirnya bantu caleg itu dg bendera dan baliho tambahan. Seneng banget dia. Sampai dia gemetar pas ucapin trm ksh ke sy.
#VOCnomics πŸ’«πŸ’« @IndraJPiliang
Caleg penjual ikan itu bahkan nangis pas cerita ke org2. Pas hsl pemilu diumumkan, dia tak byk dpt suara. Sesama org miskin gak milih dia.
#VOCnomics πŸ’«πŸ’« @IndraJPiliang
Coba skrg evaluasi, para koruptor itu siapa? Apa memang yg utk hidup aja susah, atau yg memang hidup bermewah-mewah?
#VOCnomics πŸ’«πŸ’« @IndraJPiliang
Tdk semua caleg punya uang. Tdk semua caleg paham aturan, krn baru mencoba peruntungan. Kalau main hantam aja, ya itu, kelahi akhirnya.
#VOCnomics πŸ’«πŸ’« @IndraJPiliang
Coba baca TL sy dari bawah, ya. Ini cerita soalnya. Cerita ginian byk. Beragam. Berjenis. Beruntunglah org2 yg pernah ngalamin :D
#VOCnomics πŸ’«πŸ’« @IndraJPiliang
Ya, tentu di mata Bawaslu yg salah adalah baliho caleg itu. Tp minimal, ksh tahu ke sang caleg. Suruh mrk yg nurunin.
Load Remaining (1)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.