0
Cristiano @rihandaulah
- Babeh benyamin sueb, almarhum -
Cristiano @rihandaulah
Emang bang ben ini ye, betawi punye gaye, selera siape aje..
Cristiano @rihandaulah
Masih adakah Ben's radio di Ciputat sekarang bu Airin?
Cristiano @rihandaulah
Lagi nyanyi bang Ben -> RT @rihandaulah Rumah ane kebakaran..
Cristiano @rihandaulah
Lanjut ngetwit tentang betawi aje deh.. ceritanya gini; ane bs fasih dua bahasa daerah, sunda ama betawi
Cristiano @rihandaulah
Sunda mah jelas ya, ane kan lahir di bdg, sampe balita di Garut, puber ampe kawin di Bandung lagi.. nu aing pokona mah
Cristiano @rihandaulah
Dari nama aja udah sunda bgt, ada repetisi.. riHAN HANdaulah.. semacam iwa kustiwa, cecep gorbacep, dkk
Cristiano @rihandaulah
Basa sunda, halik ku aing.. nah kebanyakan temen SMA/kuliah nyangka gw org sunda asli, budak SMA 3 nu asli bandung wae eleh kosakata sundana
Cristiano @rihandaulah
Kosakata sunda gw lengkap,mulai dr yg plg buhun karena gw aslinya dr Soreang, smape sunda kasar dan banyol2nya, maklum anak Gatsu..bronx tea
Cristiano @rihandaulah
Padahal 10 tahun gw idup di betawi,tepatnya Ciputat, tangsel, airin.. dr TK ampe SMP
Cristiano @rihandaulah
Nah selama 10 thn ini lah identitas kultural kedua gw dibentuk, sebagai anak betawi (bukan Jakarta)
Cristiano @rihandaulah
Jakarta belum pasti betawi, tapi betawi pasti jakarta, walau betawi asli udah geser ke daerah pinggiran
Cristiano @rihandaulah
Gampangnya bedain betawi sama jakarta: nonton film si Doel anak sekolah ama film Lupus. Si doel tuh betawi, lupus jakarta
Cristiano @rihandaulah
Betawi: elu, gua.. Jakarta: elo, gue..
Cristiano @rihandaulah
Nah salah satu yg plg membentuk betawi gw itu adalah Ben's radio punya bang benyamin sueb..
Cristiano @rihandaulah
Ben's radio itu satu2nya radio yg diputer ama supir2 angkot di ciputat, pamulang, dan sekitarnya..
Cristiano @rihandaulah
dari TK ampe SMP dengerin itu terus tiap pergi/pulang sekolah
Cristiano @rihandaulah
Apa sih yg paling kerasa sama gw dr kultur betawi.. pertama, sense of humor. Mirip sama sunda. Persoalan hidup bs selesai dgn ditertawakan
Cristiano @rihandaulah
Kedua, egaliter, ga banyak tetek bengek dlm relasi.. bahkan lebih egaliter dr sunda. lebih mirip org sumatera kayanya
Cristiano @rihandaulah
Ketiga; religius/ pembelaan kuat ke agama.. betawi selalu jd basis masa puritan. mgkn mereka mabok,gak solat.. tp jgn berani ganggu agamanya
Load Remaining (12)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.