Cranium by @Oomarrov

Chirpified
0
Omarov @Oomarrov
Cranium/skull trdri dr beberapa tulang ada yg gede ama kecil, krna bhsan pembagiannya juga ribet ane bagi sndiri aja jd 2 cc @forensikamatir
Omarov @Oomarrov
jd skull itu scra gris besar dibentuk 2 bagian, calvaria dan basis cranii. calvaria itu batok atas, basis cranii itu batok bawah..
Omarov @Oomarrov
sorry pke bhs awam, gw jg bngng jlsinnya jd kira2 gnilah pnmpkan calvaria.bisa kliatan kan alur garis nya.gw sih liat http://t.co/dXddcp4pFR
Expand pic
Omarov @Oomarrov
nah calvaria sndiri jg sbnernya ga satu utuh, tp tmpelan2 tulang jg. bersendi (synarthrosis), tp ga brgrak. namanya sutura.udah pnah di post
Omarov @Oomarrov
2 tulang ato lebih nempel nama sendi. sendi ga harus gerak tulang nya. yg fixed jg sendi
Omarov @Oomarrov
ini skematis detail sutura di calvaria. sorry ya gambar kecil. comot google lah biar gampang. http://t.co/w3JlxnsogI
Expand pic
Omarov @Oomarrov
oh iyah tulang yang di bagian blakang namanya tulang occipitale. sutura nya namanya sutura lambdoidea. parietal ketemu occipitale.
Omarov @Oomarrov
ribet yah. iyah. bru permulaan. knapa gw bahas ini, krna ternyata wktu kita bayi sutura2 ini blom nempel sempurna.
Omarov @Oomarrov
*suture sama sutura bedanya apa ? suture bahasa inggris-sutura bahasa latin. *gituaja. sory nyampur. sama aja koq
Omarov @Oomarrov
klo di bayi. sblm jd nempel sempurna jd suture, itu jaringan lunak. namanya fontanela.
Omarov @Oomarrov
makanya klo megang kepala bayi jng sembarangan. masih rapuh bingit.
Omarov @Oomarrov
kira2 gini lah gambaran tengkorak bayi http://t.co/HQp26dRUGP
Expand pic
Omarov @Oomarrov
terus 'forensik' nye dimana ? eitss.. prediksi umur bisa pake tengkorak, walopun ga 100% akurat, lumayan ngebantu investigasi
Omarov @Oomarrov
jd yg kompeten buat memperkirakan umur tengkorak umumnya cuma foreksik expert ama radiologist. beda disiplin ilmu tp berhubungan.
Omarov @Oomarrov
yg gw jelasin disini cma garis besar aja biar pada ngerti dr mana bisa estimate umur tengkorak. soalnya rumit bgt
Omarov @Oomarrov
list umur sama penutupan suture. kira2 gitulah. sumber ny dr mana ? jurnal. studi dr 220 kasus. http://t.co/VXSdMn3K9m
Expand pic
Omarov @Oomarrov
gak ush diapalin. pahami aja, kira2 gtulah cra forensik determine ages by the skull
Omarov @Oomarrov
ini slah satu referensi gw. kli aja ada yg pngn baca, gak panjang koq http://t.co/gJhWBBqwBL cc @forensikamatir
Omarov @Oomarrov
kemudian selesai. *tutuptextbook
Omarov @Oomarrov
sorry yah cma segitu, nyang penting janji terpenuhi. kpan2 lagi.. :* @forensikamatir

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.