0
KANKA @kankawritings
malam ini bahasan kak tebe tentang "belajar ilmu ikhlas" | ada yg nyimak ngga nih ?
KANKA @kankawritings
1. ikhlas ? kalian pasti sering sekali mendengar kata kata itu, tp sgt sulit utk menerapkannya.
KANKA @kankawritings
2. saat kita di uji atau kehilangan sesuatu, ada orng menasehati "udh ikhlasin aja" | dlm hati menjawab "ikhlas ikhlas, lu kira gampang"
KANKA @kankawritings
3. saat kita di uji atau kehilangan sesuatu maka jalan keluar terbaik adalah meng-Ikhlas-kannya | kenapa ?
KANKA @kankawritings
4. semakin kita berontak dan tdk bisa ikhlas, maka akan semakin sakit kita rasa dan ujian malah makin terasa berat | ngga percaya ? coba aja
KANKA @kankawritings
5. Scr Harfiah kata Ikhlas berarti "Melepaskan" atau dalam bahasa Inggris " letting go" hehe, tp dlm islam "ikhlas" mempunyai makna lbh dlm
KANKA @kankawritings
6. dlm islam ikhlas itu adlh melepaskan jiwa & raga serta fikiran kita utk melaksanakan/meninggalkan sesuatu dan menerima sesuatu krn Allah
KANKA @kankawritings
7. Menurut Para ahli Fiqih, ikhlas ada ilmunya. Konon ikhlas adalah puncak ilmu tertinggi dalam dunia | wow :o
KANKA @kankawritings
8. apa sih ilmu ikhlas itu ? apa bener ikhlas itu ada ilmunya ? | iyaaa ada !
KANKA @kankawritings
9. Ilmu Ikhlas pada hakikatnya merupakan ilmu yg paling kompleks, dikarenakan ilmu tersebut lebih didasarkan pada.....
KANKA @kankawritings
10. .... hubungan vertikal kita sbg manusia terhadap Sang Pencipta, serta pensinergian antara Pikiran dan Hati/Jiwa kita sbg makhluk ciptaan
KANKA @kankawritings
11. ilmu ikhlas dapat di capai apabila kita berhasil mengendalikan pikiran kita dalam kondisi apapun
KANKA @kankawritings
12. dalam menghadapi beratnya cobaan & ujian kita akan menemukan keikhlasan apabila berhasil mengendalikan pikiran kita
KANKA @kankawritings
13. kenapa mesti mengendalikan pikiran kita ? | kalian hrs tau bahwa rasa sakit dan beratnya ujian kita itu berasal dr pikiran kita sendiri
KANKA @kankawritings
14. ketika kita di uji, langsung tanam di dalam pikiran kita "bahwa Allah merencakan sesuatu yg indah di balik ini semua" | yakin akan itu !
KANKA @kankawritings
15. kalo kita malah berpikir "Ya Allah ga sanggup, ujian ini terlalu berat" | justru kita akan semakin merasa tersiksa
KANKA @kankawritings
16. maaf, byk orang yg frustasi, depresi bahkan gila ketika di beri ujian | itu krn apa ? itu terjadi krn gagal mengendalikan pikiran mereka
KANKA @kankawritings
17. ada beberapa firman Allah yg biasa kak tebe jadikan acuan utk mengendalikan pikiran & menemukan keikhlasan ketika mendapatkan cobaan.
KANKA @kankawritings
18. pertama: "Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya” (QS. Al Baqarah : 286) | yakini ini !
KANKA @kankawritings
19. kedua: “Boleh jadi, kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ....
KANKA @kankawritings
20. ....ia amat buruk bagimu. Allah yang paling mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui.” (QS. Al-Baqarah:216) | Allah tau yg terbaik
KANKA @kankawritings
21. ketiga: “….dan jgnlah kamu berputus asa dr rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dr rahmat Allah melainkan kaum yg kafir"
KANKA @kankawritings
22. Firman Allah yg td cukup utk mengendalikan pikiran kita dalam menghadapi cobaan dan ujian
KANKA @kankawritings
23. intinya: ketika di beri ujian atau cobaan kita bisa mendapat keikhlasan apabila kita berhasil berpikir positif terhadap Allah
KANKA @kankawritings
24. berpikir positif atau negatif itu tergantung pengendalian pemikiran kita | inget Allah itu sesuai pikiran atau prasangka kita
Load Remaining (3)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.