"Wacana Perlu Tidaknya Penghapusan Kolom Agama Pada KTP" by @AddeLeandro

0
Iwan Sumule @IwanSumule_86
Saya mau tweet ttg kolom agama gimana? ada yg minat baca? :D
Iwan Sumule @IwanSumule_86
Belakangan muncul polemik tentang keberadaan kolom agama pada KTP yg dianggap diskriminatif oleh "sebagian" masyarakat
Iwan Sumule @IwanSumule_86
Pertanyaan penting yg sangat mendasar itu penting nggak sih kooom agama dicantumkan di dalam identitas diri?
Iwan Sumule @IwanSumule_86
Kita harus pandang urgensi keberadaan kolom agama pada KTP atas dasar 3 hal yaitu manfaat, tertib administrasi dan legalitas
Iwan Sumule @IwanSumule_86
Apa manfaat keberadaan kolom agama pada KTP? manfaat kolom agama itu sangat banyak bahkan menyangkut hak-hak seorang warga
Iwan Sumule @IwanSumule_86
(nggak dikonsep jd agak acak adut nih mestinya administrasi, legalitas dan manfaat) gpp deh.. lanjut..
Iwan Sumule @IwanSumule_86
Manfaatnya tentu ada hubungannya dgn adminstasi dan legalitas itu sendiri. satu sama lain saling terkait secara erat.
Iwan Sumule @IwanSumule_86
Anda tahu pentingnya THR bagi anda? Itu ditentukan dr mana? Anda tahu pentingnya remisi bagi napi? Itu ditentukan dr mana?
Iwan Sumule @IwanSumule_86
urusan pernikahan, kematian, sumpah jabatan, sumpah dalam sebuah sidang pidana dll itu membutuhkan dokumen.
Iwan Sumule @IwanSumule_86
Kebutuhan tersebut terutama yg menyangkut hak perdata sangat penting dibuat dalam sebuah dokumen administrasi yg legalitasnya diperlukan.
Iwan Sumule @IwanSumule_86
Apalagi dr perspektif hukum baik pidana/perdata, kepastian hukum itu salah satunya harus dicatat secara tertulis (lex scripta)
Iwan Sumule @IwanSumule_86
Keberadaan kolom agama pd KTP ini menjadi sangat penting karena memang pada dasarnya masalah agama di negara ini diatur oleh negara
Iwan Sumule @IwanSumule_86
Sehingga banyak masalah yang memang memerlukan legalitas thd agama yg dianut oleh warga negara di sini. Contohnya telah saya sebutkan tadi
Iwan Sumule @IwanSumule_86
Negara kita memang bukan negara agama, tapi negara kita juga bukan negara yg lepas dari agama 100%.
Iwan Sumule @IwanSumule_86
Sebenarnya sih cuma mau bantah omongan wagub DKI yg dgn gagahnya di malayasia nggak ada depag dan nggak ada kolom agama di KTP mrk
Iwan Sumule @IwanSumule_86
Jangan salah di malayasia itu ada lho kolom agama bagi mrk yg beragama Islam sbg agama resmi mrk. Sunat @M4ngU5il kalo saya salah
Iwan Sumule @IwanSumule_86
Di malayasia yg tak dicatat agamanya dalam KTP adalah mrk yg beragama selain agama resmi.
Iwan Sumule @IwanSumule_86
Apalagi malayasia sangat berkepentingan untuk mengatur kehidupan beragama mrk. Salah satunya lokalisasi judi di kuching. Islam dilarang msk
Iwan Sumule @IwanSumule_86
Sangat jelas kolom agamapun di sana sangat diperlukan untuk banyak kepentingan yg tak jauh berbeda dengan di Indonesia
Iwan Sumule @IwanSumule_86
Adapun negara2 liberal, libanon dll hapus agama dari KTP itu adalah urusan mrk karena kita hidup di negara yg berbeda dgn aturan berbeda jua
Iwan Sumule @IwanSumule_86
Jadi sangat dangkal kalo bilang kolom agama KTP di negara ini dihapus begitu saja hanya demi penuhi segelintir orang
Iwan Sumule @IwanSumule_86
Satu hal yg harus diatur dalam UU administrasi kependudukan (kl gak salah namanya) itu adalah bagaimana pihak minoritas diluar 6 agama resmi
Iwan Sumule @IwanSumule_86
Harus diatur sedemikian rupa agar eksistensi mrk juga diakui. Teknisnya bisa cantumkan kolom aliran kepercayaan ditambah tanda kurung aliran
Load Remaining (7)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.