Pendapat @MohMahfudMD Tentang Vonis MA Yang Kriminalisasi Dokter

Di satu sisi vonis MA keluar agar dokter lebih berhati-hati, tapi dampaknya akan buruk terhadap pelayanan dokter yg terlalu takut. Demo dokter juga beralasan karena dewan etik kedokteran menyimpulkan semua sudah sesuai prosedur.
CURE disease MA vonis pendapat dokter mahfud kriminalisasi
0
Mahfud MD @mohmahfudmd
Sy memaklumi jika para dokter melakukan demo atas vonis MA yg menyatakan dokter Dewa Ayu bersalah karena malpraktik yg menyebabkan kematian.
Mahfud MD @mohmahfudmd
Sebab menurut Majelis Etik Kedokteran dr. Dewa Ayu tdk melakukan malpraktik, semua prosedur sudah dilakukan utk memberi pertolongan.
Mahfud MD @mohmahfudmd
Tapi majelis hakim MA yg dipimpin oleh Artidjo juga punya alasan yuridis utk menjatuhkan vonis itu: agar dokter2 ber-hati2 menangani pasien.
Mahfud MD @mohmahfudmd
Problemnya: Vonis itu bs membuat dokter tak berani bertindak, tp vonis itu juga justeru utk menghalangi kecerobohan. Jd ada dilema di sini.
Mahfud MD @mohmahfudmd
Maka itu masih ada upaya hukum terakhir yakni Peninjauan Kembali (PK). Sebaiknya dr. Dewa Ayu segera mengajukan PK ke MA sbg upaya hukum.
Mahfud MD @mohmahfudmd
Vonis MA tidak salah, demo para dokter jg beralasan. Jd perlu upaya PK k MA utk memosisikan lg scr hkm agar praktik kedokteran brjalan baik.
Mahfud MD @mohmahfudmd
Dokter dlm bertindak hrs sigap, tak boleh dihantui takut dihukum shg pasien tak tertangani scr cepat dan tepat. Tp dokter jg hrs super hati2
Mahfud MD @mohmahfudmd
Trgantung kss-nya. Serahkan sj ke MA--> @harryMdopost: Klo spt kss dr Ayu ini p. ak, yg diberlakukan pasal di KUHP atau UU Kedokteran pak?

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.