2
Islam Diaries @IslamDiaries
1. Bismillah. Assalamu'alaikum. Bener gak sih kalo Bergerak Lebih Dari 3x, Shalat Batal? Coba bahas yuk..
Islam Diaries @IslamDiaries
2. Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan sahabatnya.
Islam Diaries @IslamDiaries
3. Seringkali kita sendiri atau saudara kita terlihat menggaruk-garuk kepala, atau melakukan gerakan lain dalam shalat yg bukan darurat.
Islam Diaries @IslamDiaries
4. Apakah banyak gerak itu membatalkan shalat? Adakah jumlah gerakan yang membuat shalat seseorang menjadi batal?
Islam Diaries @IslamDiaries
5. Perlu diketahui –saudaraku- bahwa hukum asal bergerak (di luar gerakan shalat) adalah terlarang kecuali jika ada hajat (kebutuhan).
Islam Diaries @IslamDiaries
6. Namun perlu diketahui bahwa gerakan dalam shalat (di luar gerakan shalat) itu ada lima macam:
Islam Diaries @IslamDiaries
7. 1. Gerakan diwajibkan. 2. Gerakan diharamkan. 3. Gerakan dimakruhkan. 4. Gerakan disunnahkan. 5. Gerakan yg hukumnya mubah (boleh saja).
Islam Diaries @IslamDiaries
8. Gerakan yang diwajibkan, misalnya adalah ketika seorang yang sedang shalat memperhatikan di penutup kepalanya ada najis,
Islam Diaries @IslamDiaries
9. Maka ia bergerak untuk memindahkannya dan ia melepas penutup kepalanya tersebut.
Islam Diaries @IslamDiaries
10. Hal ini sebagaimana pernah terjadi pada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Islam Diaries @IslamDiaries
11. Ketika itu datang malaikat Jibril sedangkan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sedang melaksanakan shalat berjama’ah dengan yg lainnya.
Islam Diaries @IslamDiaries
12. Lalu Jibril memberitahukan bahwa di sendal beliau ada najis.
Islam Diaries @IslamDiaries
13. Lantas Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mencopotnya sedangkan beliau shalat dan beliau terus melanjutkan shalatnya.
Islam Diaries @IslamDiaries
14. (HR. Abu Daud no. 650. riwayat ini shahih sebagaimana dalam Al Irwa’ 284)
Islam Diaries @IslamDiaries
15. Contoh lainnya adalah ketika seseorang salah menghadap kiblat lalu ada yang mengingatkan, maka ia harus memutar badannya ke arah kiblat
Islam Diaries @IslamDiaries
17. Gerakan yang diharamkan adalah gerakan yang memenuhi tiga syarat:
Islam Diaries @IslamDiaries
18. (1) gerakannya banyak, (2) berturut-turut, dan (3) dilakukan bukan dalam keadaan darurat.
Islam Diaries @IslamDiaries
19. Gerakan semacam ini adalah gerakan yang membatalkan shalat karena tidak boleh dilakukan saat itu.
Islam Diaries @IslamDiaries
20. Perbuatan semacam ini termasuk mempermainkan ayat-ayat Allah.
Islam Diaries @IslamDiaries
21. Gerakan yang disunnahkan adalah gerakan untuk melakukan perbuatan yang hukumnya sunnah dalam shalat.
Islam Diaries @IslamDiaries
22. Seperti misalnya seseorang ketika shalat bergerak untuk meluruskan shaf.
Islam Diaries @IslamDiaries
23. Atau ia melihat ada tempat yang kosong di depannya, lalu ia bergerak maju ke depan untuk mengisi kekosongan.
Islam Diaries @IslamDiaries
24. Perbuatan ini termasuk sunnah dalam shalat karena dalam rangka menyempurnakan shalat.
Islam Diaries @IslamDiaries
25. Dalil nya sebagaimana diterangkan dlm hadits bahwa Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, yg shalat bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam
Load Remaining (36)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.