0
agama.jinasi @Agamajinasi
Pancasila gak megharuskan bertuhan kok. Bisa dijelasin dari banyak perspektif. Dan udah pernah saya bahas. @Zaenal_DD @positve_oposite
panggil aku brata @BarathaAtmadja
@Zaenal_DD @Agamajinasi indonesia hanya mensahkan agama2 yg percaya kepada tuhan , dik zainal harus belajar banyak ya...jangan bodoh !
agama.jinasi @Agamajinasi
Ini udah taun 2013, bukan lagi pra-1998. Perpolitikan indonesia, bahkan agama2 di indonesia, udah banyak berubah :) @positve_oposite
agama.jinasi @Agamajinasi
Dan inget, negara menjamin. Bukan: negara mensahkan. Bedanya itu langit dengan bumi. @positve_oposite
agama.jinasi @Agamajinasi
Beragama itu hak asasi, bukan kewajiban. Spt hak2 lainnya, anda boleh pake hak anda, anda boleh gak pake. Beda dengan kewajiban.
agama.jinasi @Agamajinasi
Hak2 asasi anda adalah milik anda sebagai manusia. Gak ada yang bisa ngambil itu. Termasuk negara.
agama.jinasi @Agamajinasi
Negara hanya bisa menjamin, bahwa hak asasi anda dilindungi negara dan gak ada siapapun yang bisa rampas. Itu kewajiban negara.
agama.jinasi @Agamajinasi
Jadi jgn bilang "Indonesia ngesahin/ngakuin agama2 A sampe F aja". Itu hasil propaganda orba. Negara gak berhak mensahkan hak beragama anda.
agama.jinasi @Agamajinasi
Saya aja yang ateis marah kalo saya liat anda ditipu negara. Itu hak asasi anda. Udah cukup puluhan tahun rakyat ditipu penguasa.
panggil aku brata @BarathaAtmadja
@Agamajinasi saya tidak menjelaskan tentang pancasila kepada anda , tetapi kepada si zaenal yg menganggap pancasila melegitimasi atheis !
agama.jinasi @Agamajinasi
Heran, ketemu banyak teis yang perlakuin pancasila kaya tuhan. Tanpa pancasila anda tetap berhak beragama, dan saya ateis. @positve_oposite
agama.jinasi @Agamajinasi
Pancasila itu konsensus, buatan, rumusan MANUSIA yang berusaha merangkum nilai2, HAK2, dan prinsip2 yang SUDAH ada di masyarakat Indonesia.
agama.jinasi @Agamajinasi
Taroh Pancasila di tempat semestinya. Sebagai dasar. Di bawah. Bukan di atas (divine). Gak sakti. Tapi bisa jadi lem perekat bangsa.
agama.jinasi @Agamajinasi
Jangan lebai perlakuin Pancasila. Sukarno bukan Musa yang dapet 10 perintah di gunung Sinai. Bukan Muhamad yang diperintahin Jibril "Iqra!"
edwin hutama putra @edwin_hutama
@Agamajinasi jgn sembarangan lo brew,lo boleh bully agama yg emg tujuan akun ini dibuat,tp jgn rendahkan BK yg bukan ada di ranah lo..salam
agama.jinasi @Agamajinasi
Gak ada yg ngerendahin. Justru posisi dia di mata kaum teis ketinggian, seperti jadi idol. Makanya saya tarik dikit ke bawah. @edwin_hutama
agama.jinasi @Agamajinasi
Bukannya idol itu musyrik atau sesat? Aneh. Siapa yang teis, siapa yang ateis. Sepertinya terbalik.
agama.jinasi @Agamajinasi
Kalo memang bukan idol, yah mungkin udah saatnya argumen Pancasila itu ditinggalkan tiap kali ketemu ateis.
agama.jinasi @Agamajinasi
Saya bisa pake argumen HAM dan kewajiban. Bisa pake presiden2 RI yang juga bisa diliat spt ateis, dianggap melanggar sila di Pancasila...
agama.jinasi @Agamajinasi
... Bisa pake argumen definisi "tuhan". Definisi "ketuhanan". Definisi "yang maha Esa". Yg di antara kaum teis sendiri gak ada kesepakatan.
agama.jinasi @Agamajinasi
Tuhan: Yang bagaimana? Zat? Mahluk? Diperanakkan? Tidak diperanakkan? Pribadi? Non pribadi? Imanen? Transenden?
agama.jinasi @Agamajinasi
Esa: Yang bagaimana? Samakah esa dengan tunggal? Bener singular atau plural? Tritungal, Nahnu (arab), Elohim (hebrew), esa-kah?

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.