3
agama.jinasi @Agamajinasi
Buat saya yg mantan teis, kisah ibrahim itu paling menarik di antara kisah2 lain. Kalo ngikutin kata tokoh2, ibrahim adalah kunci :)
agama.jinasi @Agamajinasi
Terlepas dari dia tokoh fiktif atau bukan, kisah dia adalah awal peralihan dari politeisme ke monolatrisme lalu ke monoteisme.
agama.jinasi @Agamajinasi
Monolatrisme itu penyembahan ke 1 tuhan karena percaya tuhannya lebih jago dari tuhan2 lain. Beda dgn politeis atau monoteis.
agama.jinasi @Agamajinasi
Pernah saya ceritain, gimana dulu agama2 politeisme/pagan di timur tengah itu kena pengaruh dari Mesopotamia dan Mesir.
agama.jinasi @Agamajinasi
Prinsipnya sama kaya politeisme di mana aja. Lagi butuh hujan, nyembah dewi kesuburan. Lagi butuh menang perang, summon dewa perang.
agama.jinasi @Agamajinasi
Tapi gak bertahan lama. Ada gontok2an antara umat yang ngefans sama dewa A dan umat yang ngefans sama dewa B. Kaya main bola :)
agama.jinasi @Agamajinasi
Akibatnya masuk ke fase monolatrisme. Fans dewa A gebuk fans dewa B. Ganti2an. Di situ mulainya iconoclasm dan aniconism.
agama.jinasi @Agamajinasi
Aniconism dan iconoclasm prinsipnya sama, penghancuran dan pelarangan nyembah obyek2 spt patung, kuil, gambar, kitab, dll.
agama.jinasi @Agamajinasi
Kenapa dihancurkan dan dilarang? Awalnya karena persaingan/monolatrisme. Cerita2nya ada di kitab2 suci agama samawi.
agama.jinasi @Agamajinasi
Jadi kalo situ ngaku monoteis, apa benar? Monoteisme itu percaya gak ada tuhan yg lain. Tuhan yg lain = kosong = gak ada.
agama.jinasi @Agamajinasi
Kalo monoteis tp ngancurin patung, bakar buku, artinya anda percaya ada tuhan2 lain, tp anda ngerasa tuhan anda lebih hebat (monolatrisme).
agama.jinasi @Agamajinasi
Balik ke ibrahim. Yg jd pertanyaan saya sejak jd teis, kl dia itu tauhid, kenapa menyerap nama dewa2 mesopotamia seperti el dan yahweh?
agama.jinasi @Agamajinasi
Monoteisme. Nyembah 1 dewa :) "@Clemens1707: @Agamajinasi tauhid itu apa ya min? *maaf belum ngerti istilah istilah muslim*"
agama.jinasi @Agamajinasi
Dulu pernah saya twit soal monolatrisme, persaingan antara fans dewa2 dan peralihan ke monoteisme: http://t.co/kXFW7he3
agama.jinasi @Agamajinasi
Logika sederhananya gini: kalo benar ada 1 tuhan yang benar, kenapa El/Il/Alaha/Yahweh? Kenapa dari stok yang udah ada dr jaman politeis?
agama.jinasi @Agamajinasi
Bisa buat jamak, bisa buat abstrak. "@SilverieYo: Setauku Elohim itu memang bermakna Jamak, alias lebih dari satu, menurut situ ?"
agama.jinasi @Agamajinasi
Istilah alahuakbar dan haleluyah jd ironi dong :) "@___fiuh: mngajak kpd monotheisme ga brarti ngrasa paling hebat kan min (monolatrisme) ?"
agama.jinasi @Agamajinasi
Kalo beneran tuhan itu akbar dan pantas dipuja (hall-), gak perlu ngasih titah suci buat ngajak2 orang untuk nyembah.
agama.jinasi @Agamajinasi
Bukan. Itu nahnu. "@jimivalentino: @Agamajinasi di ayat2 quran Allah sering nyebut dirinya "kami" .menurut lo itu juga bermakna abstrak?"
agama.jinasi @Agamajinasi
Itu logis kok, gak perlu sampe bilang gue penasihat tuhan. Kemahakuasaaan tuhan dipertanyakan kalo sampe nyuruh2 syiar/penginjilan. @dadose
agama.jinasi @Agamajinasi
Biasanya ada yg respons "tapi kan tuhan kasih orang freewill". Lah emangnya syiar/penginjilan bisa ngalahin freewill?
agama.jinasi @Agamajinasi
Belum lagi kalo gue quote cerita2 di kitab suci gimana tuhan bisa ngalahin/belokin freewill manusia. Itu bisa, kok sekarang gak bisa? :)
agama.jinasi @Agamajinasi
Nahnu itu bhs arab, artinya kami/kita. Bisa diitung. @jimivalentino @dimaz_pp
Opa panako @opapanako
@Agamajinasi saya rasa anda sdh mulai mengklaim scra sphk,dri mn jg ada dewa yahweh,sdgkan nama itu bru di berikan Tuhan kpd bangsa Israel,,
Load Remaining (68)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.