Chirpstory will close the service later this year. At the end of September, you will not be able to post stories or comments.

Tentang Mastitis atau Radang Payudara by @dokterlaktASI

Chirpified
0
dr Maharani Bayu @dokterlaktASI

#mastitis adl PD (payudara) yg terinfeksi bakteri. yg tersering Staphylococcus (banyak dikulit manusia), E.Coli&Streptococcus (jarang)

03/08/2012 07:49:30 WIB
dr Maharani Bayu @dokterlaktASI

Gejala #mastitis ibu demam/meriang, ada kemerahan diseputar PD dan ibu merasakan nyeri di PD http://t.co/Caj5RtC6

03/08/2012 07:50:25 WIB
Expand pic
dr Maharani Bayu @dokterlaktASI

Pada ibu yg tdk mengosongkan PD dgn teratur bisa jadi #mastitis. Misal nih karna ketiduran malam, ga nyusuin baby.

03/08/2012 07:50:57 WIB
dr Maharani Bayu @dokterlaktASI

Gagal mengosongkan PD bs jd #mastitis juga misal gr2 baby #bingungputing atau baby ga bisa #latchOn dgn benar krn #tonguetie

03/08/2012 07:51:32 WIB
dr Maharani Bayu @dokterlaktASI

atau karna sumbatan aliran karena baju ibu co: BH berkawat/baju terlalu ketat bs jadi #mastitis

03/08/2012 07:51:48 WIB
dr Maharani Bayu @dokterlaktASI

Ibu stress bikin #mastitis juga, soalnya aliran ASI seret.

03/08/2012 07:52:08 WIB
dr Maharani Bayu @dokterlaktASI

Keadaan td ditambah masuknya bakteri dari kulit PD yg luka jadi deh #mastitis.

03/08/2012 07:52:20 WIB
dr Maharani Bayu @dokterlaktASI

PD ga ada lecet/luka, bs jadi #mastitis ga? IYA, kok bisa ??? masuk bakteri dr mana?

03/08/2012 07:52:38 WIB
dr Maharani Bayu @dokterlaktASI

Nah , pada bayi yg suka tau2 ngelepas PD pas nyusu, kan saluran lg terbuka tuh, Ini memungkinkan bakteri masuk, jadi deh #mastitis

03/08/2012 07:53:17 WIB
dr Maharani Bayu @dokterlaktASI

Kalo uda #mastitis, ms boleh nyusuin ga? YESS. Jalan terus ya nyusuinnya

03/08/2012 07:53:33 WIB
dr Maharani Bayu @dokterlaktASI

Kan pd #mastitis, infeksinya pada jaringan penunjang, jarang bgt didalam ASI trus bikin bayi jd sakit.

03/08/2012 07:53:46 WIB
dr Maharani Bayu @dokterlaktASI

Saat #mastitis dgn ASI terus dikeluarkan, akan mengurangi bengkak. Aliran darah dan kelenjar limfe yg berperan dlm penyembuhan kerja optimal

03/08/2012 07:54:14 WIB
dr Maharani Bayu @dokterlaktASI

Trus musti gimana dong pas #mastitis datang ? .. sy kasi infonya ya..

03/08/2012 07:54:29 WIB
dr Maharani Bayu @dokterlaktASI

1)teruskan menyusui saat #mastitis,aliran lancar,lbh cepat sembuh. Kalo ibu mengeluh sakit saat menyusui, ASI tetap dikeluarkan, perah/pompa

03/08/2012 07:55:19 WIB
dr Maharani Bayu @dokterlaktASI

2) posisi-perlekatan atau #latchOn benerin ya, biar efektif saat menyusu. PD kosong dgn bener unt mengatasi #mastitis

03/08/2012 07:55:31 WIB
dr Maharani Bayu @dokterlaktASI

3) massage PD ya, ga ada ritualnya kaya gimana. Senyamannya aja, intinya buat nglempengin saluran yg takutnya menyumbat

03/08/2012 07:55:45 WIB
dr Maharani Bayu @dokterlaktASI

Lakukan gerakan sirkular, karena sesuai dgn anatomi payudara dgn saluran PD berliku dan kelenjar2, agar sumbatan terbebaskan

03/08/2012 08:01:08 WIB
dr Maharani Bayu @dokterlaktASI

4)Bantu kompres panas (panas ya.. asal ga sampe melepuh kulitnya) bbrp detik pake waslap/anduk kecil kecuali daerah areola krn lbh sensitive

03/08/2012 08:02:25 WIB
dr Maharani Bayu @dokterlaktASI

Bisa juga kompresnya panas - dingin - panas. Karena kompres panas membuka jaringan, dingin menutup jaringan, lalu dibuka lagi jaringannya

03/08/2012 08:03:16 WIB
dr Maharani Bayu @dokterlaktASI

Diharapkan dengan adanya kejutan perbedaan suhu tersebut, ada tekanan pada aliran dan bantu buka clog/sumbatan pada aliran susu

03/08/2012 08:04:32 WIB
dr Maharani Bayu @dokterlaktASI

5) coba keluarkan ASI dgn perah/pompa. Uda aga kosong, tp sptnya masi ada sisa (gerenjel2), baru baby suruh nenen.

03/08/2012 08:04:48 WIB
dr Maharani Bayu @dokterlaktASI

Yg paling oke ngosongin PD itu kenyotan bayi dg #latchOn yg bener, jd diharapkan, bayi bisa narik sisa2 ASI yg nyumbet tadi.

03/08/2012 08:05:13 WIB
dr Maharani Bayu @dokterlaktASI

Knapa di perah/pompa dulu ? soalnya kalo blum dibantu pompa, bayi uda kekenyangan dpt ASI yg gampang disedot, hehe ..cobain ya it works

03/08/2012 08:05:43 WIB
Load Remaining (8)

Comment

No comments yet. Write yours!