1
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina
Itu dulu ya sharingnya tentang #teknikdisiplin. Moga2 berguna. Yg ptanyaannya belum direspon, ehm, sabar ya, satu2 hehehe...
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina
#teknikdisiplin Stlh anak sktr 4 th, emang anaknya udah badung, pkembangannya emang gt, jd marah bs jd 1 strategi tepat, tp tdk sblumnya
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina
#teknikdisiplin Jk kt tau bbg teknik, maka bs kyk sy (tp jangan jadiin sy idola ya hihihi), sampe anak 4 th, gak pernah marah tp anak nurut
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina
#teknikdisiplin Jd emang intinya sih SABAR :D *nyengir lebar banget*. Gak ada yg bs instan kl didik anak, semua ada prosesnya.
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina
#teknikdisiplin Marah & hukuman adlh yg paling akhir dilakukan, ktk teknik2 lain tdk bhasil. Pdhl teknik2 lain dilakukan dgn plahan kan
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina
#teknikdisiplin yg baik sbetulnya pake senyum, bukan pake marah. Justru kl pake marah, biasanya menggagalkan proses disiplin yg dibentuk.
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina
#teknikdisiplin ...kombinasikan dgn teknik2 lain, & kudu dinetralisir kekesalannya dgn komunikasi lembut penuh cinta stlhnya.
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina
#teknikdisiplin Perlu diwaspadai bhw utk teknik broken record, sbetulnya anak nurut agak tpaksa (tapi nurut!). Jd gak usah tll sering...
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina
#teknikdisiplin ..berulangx biasanya anak sebel, jd tau bhw apapun yg dia katakan, ortunya akan tetep konsisten, jd dia akan nurut
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina
#teknikdisiplin Apapun yg dikatakan anak, kt ulangi aja kata2 kita. Ingat, intonasi terus rendah, jangan naik krn marah. Ktk udah dikatakan
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina
#teknikdisiplin Contoh: Mama - Ayo tidur Nak. Anak - aku msh mau main. M - Ayo tidur. A - tp aku blm ngantuk. M - ayo tidur. dst
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina
#teknikdisiplin Caranya: tentukan kalimat positif apa yg mau diucapkan, ucapkan berulang dgn intonasi rendah tanpa marah, tak usah bdebat
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina
#teknikdisiplin Broken record cukup enak dilakukan ktk anak diminta tidur, beresin mainan, selesaikan makan, dll
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina
#teknikdisiplin Broken record ini caranya adlh mengulang2 kalimat yg sama / mirip, apapun yg dikatakan oleh anak.
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina
#teknikdisiplin Ini cukup enak dilakukan utk anak 4 th ke atas saat kt lg gak ada energi utk bdebat smtr anak trus usaha mbangkang
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina
#teknikdisiplin 1 teknik lg dh, 'teknik kaset rusak'. Eh udah gak ada kaset ya? CD deh hihihi... *nawar*. Aslinya: 'broken record'
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina
#teknikdisiplin Penerapannya ke cara2 lain yg di awal disebutin, udah bisa kan? Bikin suasana yg asyik, dijamin anaknya mau nurut
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina
#teknikdisiplin Kl br dibiasakan dr sktr 4 tahunan, mmg akan lbh sulit, tp tetep bisa, asalkan ortu lbh tegas, lbh sabar, lbh konsisten
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina
#teknikdisiplin Anak protes? Ingatkan bhw sudah waktu yg dijanjikan. Biasanya kl ini dibiasakan dr sktr usia 1.5 th, anak jd lbh gmpg diatur
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina
#teknikdisiplin ..kotak mainan spy mainan bs segera dimasukkan ke sana. Temani ya, boleh juga dibantu dikit2, tp jangan banyak2
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina
#teknikdisiplin Ktk waktunya tiba, lagi2 JREEEENNNG 'yuk kita beresin mainan, kan jarum panjang udah tunjuk angka...' Langsung dekatkan...
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina
#teknikdisiplin Ktk sdh bbrp menit sblm waktu tsb, duduklah di sebelahnya smbl ikut main, jg ingatkan sbtr lg wkt beresin mainan
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina
#teknikdisiplin Kl sdh hampir waktunya, ingatkan anak bhw 'jarum panjang hampir ke angka...' spy dia siap mental utk selesai. Ingatkn bbrp x
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina
#teknikdisiplin ..bhw saat ini dia BEBAS bermain sampai jarum panjang di angka tsb. Setiap 5 / 10 menit, ingatkan bhw dia BEBAS main
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina
#teknikdisiplin ..kesepakatan sampai jarum panjang di angka berapa anak bebas main, di angka berapa mulai beresin mainan. Beri tahu anak ...
Load Remaining (45)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.