1
Erykar @erikarlebang
Mendewakan kalori sebagai pilar utama pola makan sehat? Saya pernah. Dan itu sangat tidak benar! Trust me based on my personal experience
Erykar @erikarlebang
Dilihat dari ragam sisi, punya pengalaman. Waktu kecil, nenek dideteksi mengidap diabetes, sebagai istri dari dokter yang profesor doktor
Erykar @erikarlebang
Jelas dia dapakan fasiltas kesehatan kelas satu. Ibunya dokter pulak, ibu saya, jadi sehari-hari ia diawasi oleh dua orang ahli kesehatan
Erykar @erikarlebang
Lepas dari penanganan kesehatan lain, makanan sehari-hari nenek saya cermat sekali hitungan kalorinya. Hasil kolaborasi lab dan catering
Erykar @erikarlebang
Tiap makan ditimbang, gramatur dan kalorinya jelas terjaga. Dan dijalankan disiplin. Lalu beliau membaik? Yang jelas 2 tahun kemudian, wafat
Erykar @erikarlebang
Ada banyak sih alasannya yang mungkin bisa keluar. Tapi yang pasti penghitungan kalori cermat beliau sama sekali tidak sukses menyelamatkan
Erykar @erikarlebang
Sisi lain pengalaman saya sebagai anak gym. Hampir dua dekade saya jadi anggota aktif pusat kebugaran. Lewat beberapa level pengetahuan juga
Erykar @erikarlebang
Pengetauan level pertama saya, ya sama kayak mayoritas penghuni gym sekarang. Otak dipenuhi obsesi kalori, daily protein intake, suplemen
Erykar @erikarlebang
Mengatur pola hidup layaknya atlet binaragawan pro. Padahal bukan, besarkan volume otot pun tidak. Cuma definisi. Istilahnya body scultping
Erykar @erikarlebang
Di fase 'blo'on' tentang ilmu kesehatan ini, saya menjalani pola hidup layaknya pelaku gym. Hasilnya? Lumayan! Lihat dari sisi mana dulu?
Erykar @erikarlebang
Otot saya cukup definitif, walau belum bagus-bagus amat. Teknik masih belum canggih, masih nanya-nanya. Tapi di sisi pencapaian fisik ok
Erykar @erikarlebang
Persentase lemak pernah sangat ideal, sekitar 9,9%. Anda bisa cubit pinggang saya layaknya cubit otot trisep (yang terlatih), minim lemak!
Erykar @erikarlebang
Otot perut? Paling dibanggakan. Kalau di locker, jangan harap pake baju, kemana-mana either pake towel atau celana aja. Gak bisa liat cermin
Erykar @erikarlebang
Ke kolam renang? Banyakan jalan di pinggir kolam renang ketimbang berenangnya. Pamer! Pokoknya badan ideal! Maklum masih medio kepala 2
Erykar @erikarlebang
Pola makan? Ini yang konyol! Mengejar logika rendah kalori, lemak dan tinggi protein (1.5-2 gr per kg berat tubuh) makannya blo'on banget
Erykar @erikarlebang
Saya bisa makan 10-15 butir telur, putihnya aja sehari. Huek! Dalam beragam bentuk, rebus, omelet sampe diblender, rasanya? Jangan deh tanya
Erykar @erikarlebang
Karena telur masih kurang. Daily intake protein saya penuhi dari dada ayam kukus, rebus yang dibawa-bawa dalam plastik (muke ijo pas inget)
Erykar @erikarlebang
Minum bergelas susu protein yang harganya selangit, konon 30 gr pure protein, zero calories perserving (mampus gak loh!) + beragam suplemen!
Erykar @erikarlebang
Yang paling top goblognya, saya minum sejenis obat perangsang kerja jantung untuk membakar kalori ekstra saat melakukan cardio session
Erykar @erikarlebang
Menambah kebodohan lain, saya juga minum semacam air yang disuling via alat khusus, menghilangkan mineral, sehingga sulit tersimpan tubuh
Erykar @erikarlebang
Semua tujuannya agar definisi otot tubuh terlihat jelas, istilahnya "kering" atau "tajam". Singkat kata, badan ideal! Pake baju apa aja pas
Erykar @erikarlebang
Sehat? Nah ini lain cerita! Penyakit lambung yang sudah saya derita semenjak umur 10 tahun kok makin menjadi-jadi! Migraine optik juga ikut
Erykar @erikarlebang
Daya tahan tubuh? Beuh! Ada orang bersin 10-20 meter dari saya, udah ketakutan setengah mati! Kenapa? Gak lama saya pasti ketularan juga
Erykar @erikarlebang
Flu? Wow! Hidung tersumbat itu masalah harian, terutama malam dan pagi hari! Pas bangun bersin-bersin, itu sudah dianggap normal sekali
Erykar @erikarlebang
Fase kedua diet kalori saya terjadi di era medio 2000'an. Kalau sekarang saya agak lebih cerdas sedikit. Sudah tahu #foodcombining soalnya
Load Remaining (26)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.