Delusi Agama part II by @agamajinasi

Ciri delusi adalah : orang yang mengalaminya gak tau/gak sadar kalo dia berdelusi.
ateis agama delusi agnostik tuhan
2
agama.jinasi @Agamajinasi
Mengertilah wahai engkau, bahwa sikap kritis dan skeptis adalah dasar dari segala kemajuan umat manusia.
agama.jinasi @Agamajinasi
Kalo orang-orang jaman dulu percaya aja apa yang diajarin sama nabi-nabi, gak bakalan ada namanya sains, teknologi, dsb.
agama.jinasi @Agamajinasi
Seperti kau lah contohnya, anggap agamamu sempurna. Jadi gak pernah maju dan kapasitas otaknya segitu-gitu aja.
agama.jinasi @Agamajinasi
Democritus kritis, dia gak mau terima begitu saja apa yang dia lihat. Menurutnya semua benda terdiri dr unsur yang sama.
agama.jinasi @Agamajinasi
Democritus hidup 400 tahun sebelum masehi, dan dia pencetus teori atom pertama. Jauh sebelum ada mikroskop elektron.
agama.jinasi @Agamajinasi
Newton melihat apel jatoh dari pohon dan dia berpikir kritis, bagaimana dan apa yang menyebabkan apel jatuh ke bawah?
agama.jinasi @Agamajinasi
Newton tidak berpikir: ah emang udah diciptainnya begitu, ah emang udah hukum Tuhan, ah akal manusia gak nyampe.
agama.jinasi @Agamajinasi
Apa jadinya kalo Newton berpikiran seperti umat beragama di Indonesia? Mentok sama agama, tanpa kritis dan skeptis.
agama.jinasi @Agamajinasi
Isaac Newton hidup di abad ke-17 dan dia adalah penemu teori gravitasi, peletak dasar ilmu fisika modern dan astronomi.
agama.jinasi @Agamajinasi
Kalo Newton seperti kamu, puas dengan jawaban agama, manusia gak akan bisa terbang ke bulan dan jelajahi luar angkasa.
agama.jinasi @Agamajinasi
Kritis dan skeptis adalah dasar dari kemajuan manusia. Tujuan kritis dan skeptis bukanlah MENCELA, tapi MENCARI.
agama.jinasi @Agamajinasi
Dari mana asal manusia? Bagaimana alam semesta terbentuk? Bagaimana terjadi kehidupan? Dicaritahu, diulik, diinvestigasi.
agama.jinasi @Agamajinasi
Dipelajari, dipahami, dilogikalisasi, dan dikomparasi berbagai sumber. Bukannya lgs percaya agama tanpa baca yg lain dulu.
agama.jinasi @Agamajinasi
Kalo kamu pelajari teori evolusi, kamu akan ngerti bahwa itu jauh lebih masuk akal drpd manusia diciptakan dr tanah liat.
agama.jinasi @Agamajinasi
Ngomong-ngomong manusia diciptakan dr tanah liat, itu diadopsi dari mitologi Sumeria/Hittite. Mitos Timur Tengah kuno.
agama.jinasi @Agamajinasi
Kenapa gak banyak orang bisa kritis dan skeptis? (1) karena gak peduli-peduli amat, (2) karena takut dan gak nyaman.
agama.jinasi @Agamajinasi
(1) Gak peduli-peduli amat agamanya bener atau salah, simply don't care. Toh dia juga gak religius, asal beragama aja.
agama.jinasi @Agamajinasi
(2) Takut untuk mikir kritis, karena gak mau temukan hal-hal yg akan membuat imannya goyah. Artinya: dia punya keraguan.
agama.jinasi @Agamajinasi
Bagi orang yg tidak pedulian, ketika dihadapkan pada fakta dia hanya anggap itu sebagai informasi yg menarik.
agama.jinasi @Agamajinasi
Bagi orang yg takut, ketika dihadapkan pada fakta biasanya marah karena fakta tsb mengancam kenyamanannya.
agama.jinasi @Agamajinasi
Kalo Anda termasuk yg berpikir kritis dan skeptis, atau paling tidak, mau belajar untuk itu, ucapkan selamat untuk Anda!
agama.jinasi @Agamajinasi
Mulailah pelajari sumber lain selain agamamu dan kitabmu sendiri, caritau apa yang membuatnya salah di mata orang lain.
agama.jinasi @Agamajinasi
Karena spt ditwit kmaren, membuktikan kebenaran agamamu dengan memakai kitabmu sendiri itu gak valid. Cacat logika.
agama.jinasi @Agamajinasi
Sama seperti seorang tertuduh mencoba membuktikan dirinya tidak bersalah dengan bilang: saya gak bersalah. Gak valid.
agama.jinasi @Agamajinasi
Kelebihan sains dari agama adalah: sains itu jujur. Kalo gak tau yah bilang gak tau, gak kayak agama yg sok selalu tau.
Load Remaining (11)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.