Chirpstory will close the service later this year. At the end of September, you will not be able to post stories or comments.

sharing ttg buruh mingguan yg tadinya ngutang mulu, sekarang sdh bisa nabung by @ahmadgozali

Chirpified
0
Ahmad Gozali @AhmadGozali

Sejak pertama kerja, ibu 3 anak ini mau kerja asal ambil gaji duluan. Jadi dia ngutang gajinya tuk seminggu.

05/09/2013 16:58:58 WIB
Ahmad Gozali @AhmadGozali

Bukan cuma ambil gaji di muka, tapi juga kadang ditambah dengan utang tambahan pula. Macem2 alasannya.

05/09/2013 17:00:58 WIB
Ahmad Gozali @AhmadGozali

Mau kondangan, pinjem duit. Anaknya mau beli buku sekolah, pinjem duit. Gak punya beras, pinjem duit.

05/09/2013 17:04:58 WIB
Ahmad Gozali @AhmadGozali

Apa sih yang jadi masalah keuangannya kok demen banget ngutang? Ada bbrp masalah teridentifikasi.

05/09/2013 17:08:58 WIB
Ahmad Gozali @AhmadGozali

Sebagian krn masalah sikap sih. Sikap thdp uang, thdp keluarga, dan bagaimana dia hargai pekerjaannya.

05/09/2013 17:12:58 WIB
Ahmad Gozali @AhmadGozali

Sikap thdp uang. Gak mau pusing ngitung, pokoknya yg ada dipake, lain kali perlu tapi gapunya ya ngutang aja.

05/09/2013 17:14:58 WIB
Ahmad Gozali @AhmadGozali

Sikap thdp pekerjaan. Bahwa pekerjaan bkn cuma tempat cari duit, tapi juga sumber hutang. Punya majikan kok yg bisa dipenjemin duit.

05/09/2013 17:16:58 WIB
Ahmad Gozali @AhmadGozali

Utk nambah penghasilan, sempet dikasi modal utk ternak domba. Dlm waktu bbrp bulan, abis semua. Blm lahir aja udh dipinjem :(

05/09/2013 17:18:58 WIB
Ahmad Gozali @AhmadGozali

Ternyata mmg masalah sikapnya yg harus dibenerin dulu. Ya pelan2 lah kita kasih tahu, terapinya juga bertahap.

05/09/2013 17:20:58 WIB
Ahmad Gozali @AhmadGozali

Harus tega juga sih. Pertama, ga boleh ngutang tambahan lagi, cuma boleh hutang gaji. Berikutnya gaboleh hutang gaji.

05/09/2013 17:22:58 WIB
Ahmad Gozali @AhmadGozali

Dlm proses itu kita faham ada masalah lain, sikapnya thdp keluarga. Ternyata keluarga dekatnya sering menggerogoti keuangannya dia.

05/09/2013 17:24:58 WIB
Ahmad Gozali @AhmadGozali

Adik2 iparnya yg tinggal di sebelah numpang makan, pinjem duit, minta dibayarin, dll. Bahkan anaknya yg udh 24 thn aja gabisa mandiri.

05/09/2013 17:26:58 WIB
Ahmad Gozali @AhmadGozali

Anaknya gak punya kerjaan, dibayarin DP motor tuk ngojek. Gak pernah setoran, tapi cicilan & bensin minta lagi sama emaknya :(

05/09/2013 17:28:58 WIB
Ahmad Gozali @AhmadGozali

Sampe itu anak udh nikah pun bukannya makin mandiri, msh minta terus sama emaknya itu. Duh... :(

05/09/2013 17:30:58 WIB
Ahmad Gozali @AhmadGozali

Lho, klo gitu bkn salah dia dong..? itu salah keluarganya yg gerogotin keuangannya dia. | NO, itu salah dia juga, sikapnya sama keluarga.

05/09/2013 17:32:58 WIB
Ahmad Gozali @AhmadGozali

Manjain anak, gak bikin dia dewasa. Gak bisa tegas sama yg lain, klo dia sendiri kekurangan jadi hrs mandiri bareng dong. Jgn bergantung.

05/09/2013 17:34:58 WIB
Ahmad Gozali @AhmadGozali

Keluarganya gak kerja, nyender ke dia yg kerja. Dia sendiri gak mau mandiri, nyender juga sama kerjaannya. Hrs diputus lingkaran setannya.

05/09/2013 17:36:58 WIB
Ahmad Gozali @AhmadGozali

Kita hrs tega, gak boleh nyender. Supaya dia juga bisa tega, jgn mau disenderin. Ayo mandiri bareng. No excuse utk utang2 gak jelas itu.

05/09/2013 17:38:58 WIB
Ahmad Gozali @AhmadGozali

Gajinya boleh naik, mmg sdh waktunya naik... tapi gak boleh ngutang. Dan... kita paksa nabung.

05/09/2013 17:40:58 WIB
Ahmad Gozali @AhmadGozali

Bgmn cara nabungnya? klo dulu gaji diambil dimuka, skrg gajinya gak diambil full, ditabung walau dikit.

05/09/2013 17:42:58 WIB
Ahmad Gozali @AhmadGozali

Nabungnya gak banyak gapapa, tapi itu merubah banget kebiasaan & sikapnya thdp uang. Paling cuma 20rb ditabung tiap minggu.

05/09/2013 17:44:58 WIB
Ahmad Gozali @AhmadGozali

Dan nabungnya juga gak sampe lama... bbrp minggu udh jadi 100rb-150rb diambil lagi klo ada kebutuhan yg gak rutin.

05/09/2013 17:46:58 WIB
Ahmad Gozali @AhmadGozali

Dulu klo ada keperluan tinggal ngutang. Skrg klo ada keperluan, tinggal ambil tabungan. Lbh mandiri.

05/09/2013 17:48:58 WIB
Ahmad Gozali @AhmadGozali

Jadi bisa nabung itu bkn cuma ttg ngumpulin duit. Yg lbh besar dari itu adlh sikapnya thdp uang jadi lbh positif, lbh bertanggungjawab.

05/09/2013 17:50:58 WIB

Comment

No comments yet. Write yours!