Tarawih, Tahajud, dan Witir

Chirpified
30
Felix Siauw @felixsiauw

1. tarawih adl shalat malam yg khusus hanya ada di bulan ramadhan | dalilnya banyak dan jelas, Rasulullah melakukannya

20/07/2012 14:46:20 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

2. ada banyak tanya apakah tarwih 11 rakaat atau 23 rakaat | yang manapun boleh, yang paling afdhal adl ikuti yg jadi imam

20/07/2012 14:47:26 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

3. "orang yg shalat tarawih mengikuti imam sampai selesai, ditulis baginya pahala shalat semalam suntuk” (HR Tirmidzi)

20/07/2012 14:48:44 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

4. jadi mau 11 rakaat, mau 23 rakaat, boleh aja, yang penting ikuti imam tarawihnya | dia 11 rakaat kita ikut, dia 23 rakaat kita ikut

20/07/2012 14:49:24 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

5. karena Rasul pernah tarawih 11 rakaat, Umar ra tarawih 23 rakaat | dan Umar ra. bukan bid'ah, dia lakukan ada dalilnya | jadi boleh2 aja

20/07/2012 14:50:12 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

6. yang nggak betul kalo tarawihnya 23 rakaat tapi kayak lomba lari, al-fatihah satu isapan napas selesai | nah ini nggak tepat

20/07/2012 14:50:51 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

7. tarwih asal katanya "berhenti sesaat" atau "santai" | begitulah Rasul dan para sahabat tarawih, santai dan tidak buru-buru

20/07/2012 14:51:34 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

8. jadi mau 11 rakaat, mau 23 rakaat, disilakan, yang penting ikut tarawih dan nggak buru-buruan | kelir ya? :)

20/07/2012 14:52:27 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

9. adapun tahajjud, ialah shalat malam yg lain lagi | ia boleh dilakukan di selain ramadhan, dan juga di ramadhan, sebagai tambahan ibadah

20/07/2012 14:53:40 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

10. jadi setelah tarawih, lalu tidur, bangun mau tahajjud lagi | that's very cool :) | silahkan aja, bagus banget

20/07/2012 14:54:13 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

11. pertanyaannya, gimana witirnya? kan katanya witir penutup shalat? | nah ini kita bahas dikit ya :)

20/07/2012 14:54:37 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

12. witir artinya ganjil | shalat witir ialah shalat sunnah muakkad antara isya - fajar, dan penutup daripada shalat malam

20/07/2012 14:56:47 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

13. dalilnya sabda Rasul, “jadikanlah akhir shalat malam kalian adalah shalat witir.” (HR Bukhari Muslim)

20/07/2012 14:57:25 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

14. witir ini boleh 1, 3, 5, 7, atau 9 rakaat | dan walau witir adl penutup shalat, bukan berarti nggak boleh shalat sunnah lagi

20/07/2012 14:59:16 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

15. maksudnya dalil witir itu "penutup" | maksudnya adl setelah lakukan shalat malam ya sunnahnya ditutup witir :)

20/07/2012 15:01:27 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

16. jadi pas tarwih boleh aja ditutup witir | lalu tahajjud lagi setelah tidur | dan witirnya nggak perlu diulang lagi

20/07/2012 15:02:43 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

17. karena ada sabda Nabi "tidak boleh ada dua witir dalam satu malam” (HR Tirmidzi) | jadi witir cukup sekali aja

20/07/2012 15:03:49 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

18. dalil boleh shalat setelah witir ini, karena Rasulullah pernah shalat 8 rakaat, lalu witir 1 rakaat, lalu lanjut lagi shalat 2 rakaat

20/07/2012 15:05:12 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

19. "bahwa Nabi saw pernah melakukan shalat 2 rakaat sambil duduk setelah melakukan witir" (HR Tirmidzi) | ini dalilnya

20/07/2012 15:07:26 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

20. "siapa diantara kalian yg khawatir tidak bangun di akhir malam, maka berwitirlah di awal malam lalu tidurlah, ...” (HR Tirmidzi)

20/07/2012 15:10:38 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

21. juga ada hadits yg sebutkan Rasul bercakap dengan Umar yg witir di akhir malam, dan Abu Bakar yg witir di awal malam, maka boleh aja

20/07/2012 15:11:32 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

22. ulama 4 madzhab pun memilih pendapat, bahwa boleh hukumnya lakukan shalat sunnah setelah witir | termasuk lakukan tahajjud

20/07/2012 15:12:48 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

23. jadi ringkasannya, boleh lakukan tarawih+witir jamaah sama imam (afdhal nih) | lalu abis tidur tahajjud lagi, nggak pake witir :)

20/07/2012 15:13:41 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

24. witir sendiri kalo 3 rakaat bisa 3 rakaat sekaligus salam, boleh juga 2 rakaat salam +1 rakaat salam (ini lebih afdhal) :)

20/07/2012 15:15:17 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

25. sunnah surah bacaan witir, membaca surat al-a’laa pada rakaat 1, surat al-kafirun pada rakaat 2, surat al-ikhlas pada rakaat 3

20/07/2012 15:17:55 WIB
Load Remaining (7)

Comment

Pantun Pelipur Lara @AbahJempol 21/07/2012 15:53:39 WIB
Ulasan ustd @felixsiauw tentangTarawih, Tahajud, dan Witir
0
dia mohamad @behumblelady 21/07/2012 17:59:54 WIB
sama persis yang telah saya pelajari dan saya sependapat dengan anda.
0
Abu Fatchi @gautomo 22/07/2012 10:39:24 WIB
saya belum tahu dalil tentang witir 3 rakaat dimana dilakukan dengan 2 rakaat salam ditambah 1 rakaat salam. mohon pencerahan..
0
Titiek Kurnia Rahman @Titiek_KurniaR 23/07/2012 10:09:18 WIB
Dari Ubay Bin Ka’ab, ia berkata: “Sesungguhnya Nabi biasa membaca dalam shalat witir: Sabbihis marobbikal a’la (di raka'at pertama -red), kemudian di raka'at kedua: Qul yaa ayyuhal kaafiruun, dan pada raka'at ketiga:......
0
Titiek Kurnia Rahman @Titiek_KurniaR 23/07/2012 10:09:40 WIB
Qul huwallaahu ahad, dan beliau tidak salam kecuali di raka'at yang akhir.” (Hr. Nasa’i, Abu Dawud, Ahmad, Ibnu Majah)
0
Susilo Hardi @susilohardi 25/07/2012 07:28:30 WIB
Terima kasih ilmunya.. Tambahan ilmu yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas ibadah kita di bulan Ramadhan ini...
0
Riesca Martdiyanti @rariesca 29/07/2012 12:32:54 WIB
tp di musholla deket rumah aku kaya gitu ustadz :( cepet bgt.. RT @felixsiauw 6. yang nggak betul kalo tarawihnya 23 rakaat tapi kayak lomba lari, al-fatihah satu isapan napas selesai | nah ini nggak tepat
0
erwin susanto @im_wineee 12/07/2013 03:33:36 WIB
Siap om !!! @felixsiauw 25. sunnah surah bacaan witir, membaca surat al-a’laa pada rakaat 1, surat al-kafirun pada rakaat 2, surat al-ikhlas pada rakaat 3
0
SofyanAulia14 @Auliasofyan1416 12/07/2013 04:20:38 WIB
subhanallah... dr kmarin pngen nanyain boleh apa gak dua kali witir dl smlam sm guru ngaji, buka twitter stalking in akun ust.@felixsiauw dan nemu jawaban nya. syukron ustadz
0