Chirpstory will close the service later this year. At the end of September, you will not be able to post stories or comments.

Menyikapi Perbedaan Ramadhan :)

Chirpified
3
Felix Siauw @felixsiauw

1. dear tweeps, perlu sy jelaskan kembali, bahwa syarat sah masuk bulan ramadhan adl terlihatnya hilal, jadi kalo hilal terlihat baru sah

20/07/2012 08:24:26 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

2. dan sudah sy sampaikan ada 3 metode terlihatnya hilal, ketiganya punya dasar hukum, : hisab, rukyatul hilal lokal, rukyatul hilal global

20/07/2012 08:25:33 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

3. tergantung yang mana kita yakini dalilnya lebih kuat, itulah menjadi dasar kita dalam memulai ramadhan dan mengakhiri dengan ied fitr

20/07/2012 08:26:16 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

4. bagi yang mengikut dalil hisab dan rukyatul hilal global | maka mulai puasa harini 20/07/12 | karena hilal syar'i udah terlihat

20/07/2012 08:27:12 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

5. nah, bagi yg menyakini dalil hisab atau rukyatul global lbh kuat dan harini blm puasa krn telat niat atau info, ya hrni utang puasa :)

20/07/2012 08:28:24 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

6. bagi yg yakini rukyatul hilal lokal, karena belum terlihat di lokal indonesia | maka puasanya besok 21/07/12

20/07/2012 08:29:56 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

7. jadi perlu ditegaskan, bahwa sahnya masuk ramadhan adalah terlihatnya hilal, bukan keputusan pemerintah

20/07/2012 08:30:53 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

8. kalopun mau ikut keputusan pemerintah, boleh saja, namun harus didasari pengetahuan bahwa pemerintah itu ikutan dalil rukyatul lokal :)

20/07/2012 08:31:36 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

9. jadi bukan ikut-ikutan ansich, apalagi dengan beralasan pake Al-Qur'an bahwa pemerintah itu ulil amri yg wajib ditaati

20/07/2012 08:32:16 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

10. dlm QS 4:59, maksud ulil amri yg wajib ditaati adl yg pake Al-Qur'an dan As-Sunah | nggak tepat krn pemerintah kita justru tolak syariat

20/07/2012 08:34:02 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

11. adapun hadits2 yg sampaikan bahwa puasa Muslim ikutan khalifah atau Rasul yg waktu itu jabat kepala negara, itu 100% betul

20/07/2012 08:34:33 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

12. masalahnya Rasul dan khalifah terapkan negara dengan 100% aturan syariat, 1 negara untuk seluruh Muslim

20/07/2012 08:35:03 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

13. jadi apa yg Rasul dan khalifah putuskan itu untuk seluruh Muslim, jadi nggak beda-beda seperti sekarang

20/07/2012 08:35:32 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

14. pemerintah yg zaman sekarang, maunya minta ditaati, tapi nggak mau laksanakan kewajiban terapkan syariat :)

20/07/2012 08:36:10 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

15. dan atas nasionalisme umat dikotak-kotak, sehingga beda-beda ramadhan antara satu negeri dan yg lain, ini gak ada zaman Rasul

20/07/2012 08:36:58 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

16. ulil amri di QS 4:59 itu adl Rasul atau khalifah sepeninggalnya, yg terapkan hukum syariat secara total, begitu

20/07/2012 08:37:48 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

17. jadi kl pemerintah terapkan khilafah, kita nggak perlu lagi deh nyari2 kabar hilal, sami'na watho'na ulil amri aja :)

20/07/2012 08:38:29 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

18. nah, intinya, mau puasa kapan itu bukan masalah, yang penting tau dalilnya tweeps :) | bila tau ilmu nggak ada yg salah

20/07/2012 08:39:02 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

19. tapi kalo puasa hanya ikut2an dan nggak mau nyari ilmu, ini yg bikin sikap intoleran, menyudutkan, dan membuat pecah

20/07/2012 08:39:34 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

20. yg tau ilmu mah kalem aja hadapi beda ramadhan | mau ikut hilal lokal, hilal global atau hisab, ya akur wae

20/07/2012 08:40:09 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

21. nah biar pahami dalilnya, simak >> http://t.co/hFdrCCOk | jadi ikutan pemerintah bukan dalilnya "kalo salah dia tanggung dosa" hehe..

20/07/2012 08:41:50 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

22. jadi kelir ya? | bagi yg udah jalankan, selamat berpuasa, bagi yg belum kami menanti kalian :) | bagi pemerintah, terap syariat deh :D

20/07/2012 08:43:25 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

23. sekali lagi, legowo-lah dgn beda, selama ada dalil itu pendapat yg Islami tweeps | daripada saling maksa pendapat, kalem lbh baik :)

20/07/2012 08:46:03 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

24. yg besok berpuasa, insyaAllah sah karena ikut pendapat madzhab ulama syafi'i ttg rukyatul hilal lokal, begitu

20/07/2012 08:48:20 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

25. yg harini berpuasa pun insyaAllah sah, karena mengambil pendapat rukyatul hilal global sebagaimana hadits2 shahih yg kami sitir :)

20/07/2012 08:49:06 WIB
Load Remaining (1)

Comment

cevarief @cevarief 20/07/2012 09:43:54 WIB
Point 10. Mengenai ulil amri saya berbeda ustadz. Acuan saya adalah seperti definisi yang disampaikan oleh ibnu taimiyah mengenai darul muslim.
1
cevarief @cevarief 20/07/2012 09:44:05 WIB
Jadi pemerintah sekarang merupakan ulil amri yang wajib ditaati meski belum berlandaskan syariat. Jadi langsung loncat ke point 17 :)
1
Laskar Mataram @9_benua05 20/07/2012 13:08:02 WIB
yoi Tad, ane setuju pemerintah negri ini ga karuan, tapi saat itu yg kita punya, btw in this case mereka ga korusi hilal, hihihihi
0
zack @zackeyon 27/12/2012 21:15:13 WIB
yoi Tad, ane setuju pemerintah negri ini ga karuan, http://goo.gl/XNAL3 | http://goo.gl/Ccbkp
0