Chirpstory will close the service later this year. At the end of September, you will not be able to post stories or comments.

Salah Kaprah Shalat Istikharah

Chirpified
41
Felix Siauw @felixsiauw

1. Rasulullah saw mengajari sahabatnya ber-istikharah dalam setiap urusan, sebagaimana beliau mengajari surat dari Al-Qur'an

12/07/2012 20:30:04 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

2. sabda Nabi, “Jika kalian ingin lakukan suatu urusan, shalatlah 2 rakaat selain shalat fardhu, lalu hendaklah berdoa:

12/07/2012 20:32:09 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

3. "Ya Allah, sesungguhnya aku beristikharah pada-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon kepada-Mu kekuatan dengan kekuatan-Mu,"

12/07/2012 20:34:58 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

4. "aku meminta kepada-Mu dengan kemuliaan-Mu. Sesungguhnya Engkau yang menakdirkan dan aku tidaklah mampu melakukannya."

12/07/2012 20:37:22 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

5. "Engkau yang Maha Tahu, sedangkan aku tidak tahu. Engkaulah yang mengetahui perkara yang gaib."

12/07/2012 20:39:23 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

6. "Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara ini baik bagiku dalam urusanku di dunia dan di akhirat,"

12/07/2012 20:41:17 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

7. "maka takdirkanlah hal tersebut untukku, mudahkanlah untukku dan berkahilah ia untukku."

12/07/2012 20:43:13 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

8. "Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara tersebut jelek bagi agama, kehidupan, dan akhir urusanku"

12/07/2012 20:44:28 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

9. "maka palingkanlah ia (kejelekan) dariku, dan palingkanlah aku darinya (kejelekan),"

12/07/2012 20:45:15 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

10. "dan takdirkanlah yang terbaik untukku apapun keadaannya dan jadikanlah aku ridha dengannya"-lalu dia menyebut keinginanya-

12/07/2012 20:46:32 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

11. hadits tersebut diriwayatkan Bukhari, Ahmad, Ibnu Hibban, Baihaqi dari Jabir bin Abdullah ra (pic doa) http://t.co/6BBK6Ob0

12/07/2012 20:48:09 WIB
Expand pic
Felix Siauw @felixsiauw

12. dalil shalat istikharah adl diatas, dan disyariatkan doa ini dilakukan setelah salam dalam shalat yg bukan wajib

12/07/2012 20:50:41 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

13. tidak ada ayat khusus yang harus dibaca ketika istikharah | ayat apapun boleh dibaca

12/07/2012 20:52:45 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

14. niat istikharah boleh pula digabung dengan semua shalat sunnah | rawatib, dhuha, tahajjud, tahiyat masjid dll

12/07/2012 20:54:30 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

15. misal, setelah shalat sunnah dhuha | maka kita boleh berdoa istikharah sesudah salam

12/07/2012 20:56:13 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

16. "teks hadits menunjukkan bahwa istikharah boleh stlh shalat rawatib, tahiyat masjid, atau shalat sunnah lain" - Imam An-Nawawi

12/07/2012 20:57:27 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

17. jadi jelaslah bahwa istikharah adalah shalat ketika kita sudah memutuskan satu urusan, lalu menguatkan diri dengannya

12/07/2012 20:59:40 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

18. atau satu urusan yang sudah kita putuskan, lalu kita menginginkan agar memantapkan diri dengannya, dengan berdoa pada Allah

12/07/2012 21:01:20 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

19. "jika seseorang melakukan istikharah, maka lanjutkanlah apa yang menjadi keinginan dirinya" - Imam An-Nawawi

12/07/2012 21:03:19 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

20. nah, salah kaprahnya kebanyakan kita, menganggap bahwa istikharah ibarat contekan sakti ketika ada soal pilihan berganda :D

12/07/2012 21:04:52 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

21. akhirnya, saat ada pilihan apapun di-istikharahkan | bahkan pilihan2 yang sudah jelas-jelas salah juga di-istikharahkan :)

12/07/2012 21:06:02 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

22. "aku mau pacaran sama siapa ya? dia yg rambutnya cepak atau yang keriwil? istikharah dulu ah" | ngawur

12/07/2012 21:08:11 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

23. "aku bingung nih, mau terima lamaran di bank A atau bank B ya? istikharah dulu ah" | sama2 ngawur

12/07/2012 21:09:09 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

24. "aku lagi bimbang nih, besok mau shalat jumat atau nggak ya?" | paling ngawur nih

12/07/2012 21:10:21 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

25. "aku galau nih, mau putusin pacar nggak ya? kan udah lama pacaran? istikharah dulu deh? | no comment -_-;a

12/07/2012 21:12:18 WIB
Load Remaining (29)

Comment

putriKU♡ @itskhaira 01/08/2012 10:58:24 WIB
waahh ternyata aku termasuk salah satu yang di sebutin ustadz td nihh... jadi malu sendiri aku .. :(
0
ululhisa @ululhisa 19/08/2012 18:53:01 WIB
Amazzz ustad felix.. Subhanallaah makasih udah mnambah ilmu pngtahuan :)
0
Mujiburrohman @Alhaydar 29/09/2012 15:47:58 WIB
alhamdulliah skr saya lebih mengerti
0
Intan Hartati @hartatintan 15/11/2012 17:14:11 WIB
RT @felixsiauw 11. hadits tersebut diriwayatkan Bukhari, Ahmad, Ibnu Hibban, Baihaqi dari Jabir bin Abdullah ra (pic doa) http://t.co/6BBK6Ob0
0
Aulia∞ @normaulia_ 30/04/2013 10:07:44 WIB
ampuuun ustadz, saya jadi paham. Syukron
0