Heboh Nishfu Sya'ban?! Mari Disimak!

Chirpified
10
Felix Siauw @felixsiauw

1. malam ini, TL saya tiba2 "banjir" dengan pertanyaan seputar nishfu sya'ban, karena harini terkirakan tgl 14 sya'ban, pertengahan sya'ban

04/07/2012 20:32:07 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

2. heboh deh "nishfu sya'ban" (anehnya kok nggak masuk trends ya?) | "apa amalannya?" "shahih nggak sih?" "gimana caranya?" de el el

04/07/2012 20:33:44 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

3. sy sampaikan, sesuai share sy ttg sya'ban di >> http://t.co/zbTkEGFJ | bahwa tidak ada ibadah khusus yg diutamakan di nishfu sya'ban

04/07/2012 20:35:36 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

4. satu2nya amalan yg diriwayatkan shahih dari hadits2 adl bahwa Rasulullah habiskan sebagian besar hari2 di bln sya'ban dengan berpuasa

04/07/2012 20:36:41 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

5. adapun hadits2 yg berkaitan keutamaan sya'ban lainnya, ulama jumhur menilai itu hadits lemah bahkan palsu

04/07/2012 20:37:42 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

6. jadi kalo mau ibadah utama di bulan sya'ban, perbanyak aja puasa | that's all, perbanyak ibadah sunnah lain, itung2 siap2 ramadhan

04/07/2012 20:39:04 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

7. yang jadi poin keanehan sy sih bukan disitu, tapi pada "heboh"nya itu lo :)

04/07/2012 20:39:55 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

8. oke, coba ikuti jalur pikiran saya | kalopun ada, kalopun shahih, nishfu sya'ban itu tetep amalan sunnah kan? bukan wajib? sepakat?

04/07/2012 20:40:42 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

9. artinya, kalopun shahih, kalopun bener | maka kl amalkan pahala, kl nggak amalkan nggak papa, betul nggak?

04/07/2012 20:41:24 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

10. nah, herannya | kenapa sampe "heboh" banget pdhl itu perkara sunnah, sementara perkara wajib yg dalil2nya jelas banget malah diabaikan?

04/07/2012 20:42:41 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

11. ada yg semangat banget amalin nishfu sya'ban sampe cari2 hadits dhaif | tapi kalem aja pas dikasi hadits shahih ttg menutup aurat hehe..

04/07/2012 20:43:30 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

12. ada yg semangat banget amalin nishfu sya'ban sampe shalat 100 rakaat | pulangnya masih boncengan sama pacar, lha piye ki?

04/07/2012 20:44:28 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

13. padahal, dalam Islam udah jelas, bahwa kewajiban itu prioritas diamalkan, dari segi apapun | wajib dulu, sunnah hiasan, gitu kan :)

04/07/2012 20:45:40 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

14. coba bayangin, kl ada orang yg shalat sunnah shubuh terus tidur nggak shalat shubuh yg wajib | aneh nggak? :D

04/07/2012 20:46:39 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

15. beginilah kondisi ummat kita sekarang | hobi "heboh" yg sunnah tapi lupakan yang wajib, sori kalo salah, tp kayaknya nggak deh

04/07/2012 20:47:32 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

16. apa mungkin karena yg wajib itu nuntut pengorbanan dan konsekuensi, sementara yg sunnah itu bisa kita lakukan/tinggal sesuka hati?

04/07/2012 20:48:13 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

17. sedekah, tahajud, dhuha >> mungkin nggak terlalu banyak korban | dibanding tutup aurat, bebaskan diri dari riba, atau putus pacaran? :)

04/07/2012 20:49:44 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

18. padahal zaman dulu para shahabat selalu utamakan yang wajib, dan perbanyak yang sunnah | bukan merasa sunnah bisa gantikan yang wajib

04/07/2012 20:50:12 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

19. perhatikan perkataan ulama besar Ibn Mubarak "Meninggalkan 1 dirham yang syubhat; lebih aku suka daripada sedekah 1000 dinar" | nah

04/07/2012 20:51:03 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

20. in other words, bila kita semangat broadcast amalan nishfu sya'ban, harusnya lebih semangat sebarin "wajibnya tutup aurat" kan? :D

04/07/2012 20:51:53 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

21. kesimpulannya, yuk, di pertengahan sya'ban ini (nishfu sya'ban), mari kita lihat, kewajiban apa lg yg belum kita penuhi sebagai Muslim?

04/07/2012 20:52:55 WIB
Felix Siauw @felixsiauw

22. penuhi semua kewajiban yg Allah beri, agar jadi hiasan berharga sunnah2 yg kita telah usahakan | agar Allah ridha dan cintakan kita :D

04/07/2012 20:53:40 WIB

Comment

rifki @rifkidanazmi 04/07/2012 21:36:55 WIB
@felixsiauw yg ga solat, mojok ama pacar ddiemin aje.....mending mana?
0
rifki @rifkidanazmi 04/07/2012 21:41:36 WIB
@felixsiauw klo kwajiban blm mampu dipenuhi semua, apa ga blh nglakuin yg sunnah?
0
rifki @rifkidanazmi 04/07/2012 21:42:46 WIB
@felixsiauw minta hadist yg nglarang baca yasin. ADA ?
0
rifki @rifkidanazmi 04/07/2012 21:44:07 WIB
@felixsiauw Makan nasi aj doang, ga usah pake lauk, sayur, buah, dll.
0
rifki @rifkidanazmi 04/07/2012 21:45:30 WIB
@felixsiauw ad ga org yg kaya gitu? qabliyah subuh trus tidur
0
rifki @rifkidanazmi 04/07/2012 21:47:19 WIB
@felixsiauw hubungannya ap? amalan mn yg (dianggap) syubhat?
0
Fakhry M Fathaniy @fathaniy 04/07/2012 22:30:31 WIB
memang bner yg wjib hrus ddhuluin drpda yg sunnah, tapi,klau yg (dianggap) sunnahny it bid'ah kan juga nambah dosa, makany berilmu dulu baru beramal,kbnyakan orng yg nggak ngrjain kwjibnny krna nggak ngerti(kasarny GOBLOK)ama kwjibnnya, jadi kitapun hrus
0
BravoZuluNovember @BrigadeSantri 08/07/2012 15:34:58 WIB
Pencerahan yg mantap, kita hargai dan hormati, itu yg kami suka dari ust @felixsiauw, santun dan bijaksana, dakwah bil hikmah. Kami pengamal nisfu sya'ban menghargai itu kok. Kiranya menambah kazanah ukhuwah dan dakwah Islamiyah.amin
0