0
Yusuf Mansur @Yusuf_Mansur
"@ariefdaradjati: sekali kali ajarain umat ikhlas" (meminta sama Allah saja, tdk kpd yg lain, itu ikhlas. Jgn samain niat dg doa).
Yusuf Mansur @Yusuf_Mansur
Ga ikhlas ya? Suka sok tau ah... Kayak paham aja soal ikhlasnya orang lain, he he he.
Yusuf Mansur @Yusuf_Mansur
Ktk pengen dunia, ke siapa lg mminta? Kcuali kpd Yg Pny Dunia? Sy sih msh di dunia, krn itu sy g malu2 mnt dunia. Jgn lp akhirat aja.
Yusuf Mansur @Yusuf_Mansur
Pngn jodoh? Cb sering2 dhuha,thjjd,sdkh, buat orang lain spy mrk dpt jodoh. Dlm pngrtian, lakukan itu ibdh2 sunnah, trs doa u yg lain.
Yusuf Mansur @Yusuf_Mansur
Pngn kaya? Sukses? Brhasil? Cb jg sering2 doain yg lain spy begitu. Pengen sehat, doain yg lain spy sehat. Pengen selesai masalah, dll.
Yusuf Mansur @Yusuf_Mansur
Qs al isra ayat 18 jgn dipake u/ ngehantem yg beramal tp berharap (doa) dunia. Tujukan u mrk yg menghalalkan sgl cara&lupa akhirat.
Yusuf Mansur @Yusuf_Mansur
Begitu jg surah asy-syuuroo ayat 20. Jgn ampe dipake buat ngelarang/ngalangin berdoa/ngarep sama Allah. Emang mau sama siapa lagi?
Yusuf Mansur @Yusuf_Mansur
Hendaknya 2 ayat itu, al Isra: 18, &asy-syuuroo: 20, dibawa ke: jgn macem2 di dunia, atau ketika kepengen dunia.
Yusuf Mansur @Yusuf_Mansur
Panjang lebar soal ngarep, niat, amal saleh, ikhlas, saya kupas di buku: Boleh Ga Sih Sedekah, Ngarep? Cari aja di toko2 buku. Dah ada tuh.
Yusuf Mansur @Yusuf_Mansur
Jgn ngalangin yg perlu sama Allah, yg pengen dunia-Nya, yg ditempuh dg cara2 yg Allah sendiri Ajarin. Tp jika berbeda pendapat, ya gpp jg.
Yusuf Mansur @Yusuf_Mansur
Baca Qur'an, pengen hari ini berkah, banyak rizki, masa ga boleh? Itu bukan niatan. Tp doa. Masa doa ga boleh? Niatnya? Ya baca Qur'an.
Yusuf Mansur @Yusuf_Mansur
Sedekah, pengen jodoh dibuka, rizki ditambah, dibales berlipat, kehindar dari bala, sehat, bs pnya kerjaan, dll., ini bukan niat. Tp doa.
Yusuf Mansur @Yusuf_Mansur
Semua amalan, membuat semua doa qt lbh memungkinkan dikabul malahan. Bukan justru malah menghalangi qt berdoa.
Yusuf Mansur @Yusuf_Mansur
Jk sblm sdkh blh minta, lalu stlh sdkh ga blh minta? Mending ga usah sedekah atuh. Toh sdkh malah ngalangin qt minta, iya kan? Ga gitu.
Yusuf Mansur @Yusuf_Mansur
Yg paling pas, jk sblm sdkh sj blh meminta, hrsnya apalagi stlh qt brsedekah. Tmbh blh lg mminta. Ini sngt mmotivasi.
Yusuf Mansur @Yusuf_Mansur
Shalat malamlah, tar drjt naik. Hidup berubah. Lalu ada yg shalat malam dg niatan begitu? Ini dia bhs indonesia. Rancu.
Yusuf Mansur @Yusuf_Mansur
Sbnrnya ketika dibilang: spy drjt naik, hidup berubah, itu wilayah doa. Bukan niat. Niatnya? Ya niat shalat malam gmn emang?
Yusuf Mansur @Yusuf_Mansur
Niat shalat malam: usholli sunnatat-tahajjud dst... Hbs tahajjud, ya doa spy begini begitu. Maka hrsnya ga ada pertentangan.
Yusuf Mansur @Yusuf_Mansur
Tp ketika ada yg menyamakan niat dg doa, maka inilah kemudian yg menimbulkan pertentangan.
Yusuf Mansur @Yusuf_Mansur
Anak saya sakit, misal. Lalu saya sedekah, dg niat spy sembuh. Begitu? Ini salah? Duh, jahat banget. Masa doa dibilang salah.
Yusuf Mansur @Yusuf_Mansur
Dan di situlah letaknya perbedaan. Saya tdk menganggap orang yg sedekah pengen anaknya sembuh sbg salah niat. Tp sbg doa dia.
Yusuf Mansur @Yusuf_Mansur
Pada saat dia sedekah, walo dia ada doa u/ anaknya, maka dua2nya amalan: sedekah&doa, ya u/ Allah &ke Allah. Di mana ga ikhlasnya?
Yusuf Mansur @Yusuf_Mansur
Kalo ke orang, baru tuh ga ikhlas. Baca Qur'an, shalat, sedekah, dipamer2in. Ini sepakat. Ga ikhlas banget2. Riya. Sum'ah, pengen didngr.
Yusuf Mansur @Yusuf_Mansur
Tp ke Allah, biasakan berani minta. Jgn ampe ada halangan. Hrs minta malah. Hrs ngarep.
Yusuf Mansur @Yusuf_Mansur
"Tar kalo sedekah pengen dibalas, tar kecewa?" Loh loh, su-udzdzan banget sih? Mula2 barangkali dia akan kecewa. Tp ini lantaran apa?
Load Remaining (30)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.