Chirpstory will close the service later this year. At the end of September, you will not be able to post stories or comments.

Pandangan @zionisx Tentang Adzan Mayit & Tahlil

Jawaban untuk pertanyaan dari @reva_mega : Apa yang meninggal duniat saat dikubur harus dilantunkan suara Adzan? Dan apakah Tahlilan harus diadakan?
0
(•͡.̮ •͡ ) @GusPlur

Dari @reva_mega : Apa yg meninggal saat dikubur itu musti diadzanin dan musti ada tahlilan? | kebetulan @dewihadin abis capcus tahlil di Bdg

10/06/2012 22:09:11 WIB
(•͡.̮ •͡ ) @GusPlur

Gue jawab dulu soal adzan buat mayit yg mo masuk liang lahat, ya!. Jujur gue bingung, emang ada ya mayit yang masih berfungsi kupingnya?

10/06/2012 22:12:37 WIB
(•͡.̮ •͡ ) @GusPlur

Gue gak pernah dpt info kalo mayit yg mo dikubur musti diadzanin. Gak ada satu hadits pun yg ngupas soal ini. Kalaupun ada, itu pasti dhoif.

10/06/2012 22:15:42 WIB
(•͡.̮ •͡ ) @GusPlur

Ngerti dhoif? Itu artinya ada salah satu ato bbrp syarat yg gak bisa dikategoriin jadi hadits shohih. Jadi itu kategori bid'ah. Ngerti kan!

10/06/2012 22:19:08 WIB
(•͡.̮ •͡ ) @GusPlur

Nah, kalo masalah tahlil, sampe saat ini para ulama ikhtilaf dalam persepsi. Tapi menurut gue gak perlu ngadain tahlil. Apa itu tahlil?

10/06/2012 22:23:56 WIB
(•͡.̮ •͡ ) @GusPlur

Tahlil itu kan kalimat tauhid, knp harus dikhususkan saat ada orang mati? Sementara dlm 'tahlilan' bukan tahlil aja, tahmid-tasbih pun ada.

10/06/2012 22:26:46 WIB
(•͡.̮ •͡ ) @GusPlur

Tapi oke lah, gua bakal kupas dikit soal tahlil dari 2 sisi. Menurut Islam dan sosial masyarakat. Inget, cuma dikit, gak perlu protes.

10/06/2012 22:29:59 WIB
(•͡.̮ •͡ ) @GusPlur

Gue belon dpt soal tahlilan ini di hadits. Rasul saw gak pernah ngelakuin hal macam ini. dari mulai yg shohih sampe dhoif, gk ada rujukan.

10/06/2012 22:36:36 WIB
(•͡.̮ •͡ ) @GusPlur

Kalo lu mo tau, model ta'ziyah kayak gini lebih mirip tradisi di Indonesia. Gak pernah ada di negara lain, sekalipun itu di negara Islam.

10/06/2012 22:39:38 WIB
(•͡.̮ •͡ ) @GusPlur

Tahlil kmungkinan dimaksudkan buat keluarga yg ditinggalin baca kalimat thoyibah dgn harapan pahalanya buat si mayit. Ya berharap sih boleh!

10/06/2012 22:42:59 WIB
(•͡.̮ •͡ ) @GusPlur

Tapi yg musti ngerti, cuma 3 hal yg dibawa si mayit. Amal, Ilmu & Anak soleh. Selain ketiga itu gak ada yg bisa nulungin mayit di akhirat.

10/06/2012 22:45:54 WIB
(•͡.̮ •͡ ) @GusPlur

Sebenernya orang mati itu gak perlu ditangisin, soalnya diambil sama yg punya. Kalo lu ngerasa berhak, itu salah. Emang kita ini siapa?

10/06/2012 22:47:27 WIB
(•͡.̮ •͡ ) @GusPlur

Bahkan kalo kita menangisi (di penjelasan hadits: meratapi) si mayit, justru malah membebani proses vonis (baca: hisab) si mayit di akhirat.

10/06/2012 22:50:11 WIB
(•͡.̮ •͡ ) @GusPlur

Dengan bertahlil, PASTI bakal ngomongin si mayit. Emang lu gak kasian? Dan sekali lagi, ta'ziyah model gini cuma tradisi di Indonesia.

10/06/2012 22:53:31 WIB
(•͡.̮ •͡ ) @GusPlur

Kalo tahlil diliat dari sosial masyarakat, ini kayak maksain. Mending kalo yg meninggal orang kaya, nah kalo orang kere apa gk bikin nyesek?

10/06/2012 22:55:34 WIB
(•͡.̮ •͡ ) @GusPlur

Walopun ustadznya (biasanya di kampung) bilang ini gak wajib, tapi tetep aja ngojokin biar bikin tahlil. Ustadz nyuruh blangsak kali ya?

10/06/2012 22:57:07 WIB
(•͡.̮ •͡ ) @GusPlur

Nah klo gak tahlilan malah dikatain laen2, biasanya yg jd provokator ya ustadznya. Baru dikuburin udah nanya; "tahlilannya jam berapa?" BRAK

10/06/2012 22:59:22 WIB
(•͡.̮ •͡ ) @GusPlur

Akhirnya si miskin kepaksa ngutang sana sini cuma demi tahlil yg gak pernah ada dari sononya. Demi menghindari tetangga yg nyinyir sama dia.

10/06/2012 23:02:32 WIB
(•͡.̮ •͡ ) @GusPlur

Pertanyaannya; Kok musti ngutang? Kan cuma tahlilan doang! Woy! Bangon! Hare gene geto, banyak ustadz kampung makin buncir. Survey aja.

10/06/2012 23:06:54 WIB
(•͡.̮ •͡ ) @GusPlur

Dan realita di masyarakat, tahlil berarti berkat alias besek bin sampah perut. Kasian, udah jatoh ketimpa genteng. Ini musti dibasmi nih.

10/06/2012 23:10:38 WIB
(•͡.̮ •͡ ) @GusPlur

Kesimpulannya: Adzan buat mayit yg mo masuk liang lahat dan tahlilan itu bid'ah. Dan gak ada conto dari Rasul saw. Kalo lu umatnya, turutin.

10/06/2012 23:12:38 WIB
(•͡.̮ •͡ ) @GusPlur

Segitu aja dari gue twit buat ngejawab @reva_mega kalo masih blon klop, mention aja. Dan juga buat yg tadi masuk mention gue: @dewihadin

10/06/2012 23:16:25 WIB

Comment

No comments yet. Write yours!